Selasa, 09 Apr 2019 06:07 WIB

Fahmi Bo Jalani Akupunktur Pasca Stroke, Kenali Manfaat Medisnya

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Akupuntur dijalani Fahmi Bo pasca stroke. Foto: Noel/detikFoto
Jakarta - Setelah beberapa waktu lalu dikabarkan terkena stroke, aktor film Lupus Milenia, Fahmi Bo, dinyatakan sembuh. Walau begitu, ia mengaku harus tetap menjalani pengobatan akupunktur untuk melancarkan darah di kakinya.

"Ya karena kaki emang harus di akupunktur, karena dia bilang sih ada darah yang membeku gitu kan, jadi nggak lancar, ada urat-urat yang kaku lah. Jadi perlu ditusuk agar terus bergerak," jelas Fahmi Bo usai mengisi 'Brownis' di Gedung Trans TV, Jalan Kapten Tendean, Jakarta Selatan, dikutip dari detikHot, Senin (8/4/2019).

Kepada detikHealth, ahli akupunktur dr Adiningsih Srilestari, SpAk(K), MEpid, MKes menjelaskan bahwa akupunktur bisa dilakukan untuk pasien stroke. Akupunktur untuk terapi stroke biasanya dilakukan di daerah kepala dan tubuh.


"Mekanisme kerja akupunktur untuk pasien stroke (adalah) memperbaiki atau meningkatkan aliran darah di otak, mempercepat perbaikan sel-sel otak yang rusak, memperbaiki dan meningkatkan fungsi saraf anggota gerak yang terganggu, meningkatkan kekuatan otot," tuturnya melalui pesan singkat, Senin (8/4/2019).

dr Adiningsih melanjutkan, jika pasien stroke tersebut dirawat di rumah sakit, maka akupunktur dapat dilakukan setiap hari. Dengan catatan kondisi pasien harus sudah stabil.

"Akupunktur untuk stroke sangat baik bila dilakukan pengobatan bersama dengan dokter spesialis saraf," tandas dokter yang berpraktek di Departemen Medik Akupunktur RS Cipto Mangunkusumo ini.

Menurut Fahmi Bo, pengobatan itu masih harus terus dilakukan sampai rasa sakit di kakinya hilang. Meski sudah beraktivitas, Fahmi Bo mengatakan kariernya belum berjalan normal.





Tonton video Sudah Kembali Sehat, Fahmi Bo Ceritakan Perjuangan Lawan Stroke:

[Gambas:Video 20detik]

(frp/up)