Selasa, 09 Apr 2019 17:52 WIB

5 Cara Mengatasi Kepedasan di Mulut, Minum Es Saja Tidak Cukup!

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Menghilangkan rasa pedas cabe tidak cukup hanya dengan minum air putih saja. (Foto: iStock) Menghilangkan rasa pedas cabe tidak cukup hanya dengan minum air putih saja. (Foto: iStock)
Jakarta - Apa kamu kuat makan pedas? Manfaat makan pedas memang beragam, salah satunya bisa mengurangi risiko obesitas dan tentunya memperlezat rasa makanan.

Banyak orang Indonesia yang doyan makanan pedas, tetapi rasa pedas berlebihan bisa membuat sensasi terbakar pada mulut. Biasanya, untuk mengatasi rasa pedas cabe di mulut, sebagian orang meminum air putih atau es dengan jumlah banyak agar rasa terbakar dan panasnya hilang.

Tetapi, menghilangkan rasa pedas cabe tidak cukup hanya dengan minum air putih saja. Berikut cara mudah mengatasi rasa pedas di mulut dikutip detikHealth dari berbagai sumber.


1. Minum susu

Mungkin ada yang bertanya-tanya, mengapa susu bisa menghilangkan pedas? Jawabannya adalah karena protein dalam susu bisa menggantikan senyawa kimia yang membuat cabai terasa pedas dan menimbulkan sensasi panas serta terbakar.

Capcaisin adalah senyawa kimia yang ditemukan dalam cabai yang membuatnya terasa pedas dan panas. Susu memiliki kandungan protein yang bisa menggantikan capcaisin di reseptor lidah. Sehingga, minum susu adalah cara tercepat untuk meringankan kepedasan dan sensasi terbakar yang muncul.

2. Es krim

Makan es krim bisa meredakan rasa panas dan sensasi terbakar setelah makan makanan pedas. Beberapa orang bahkan menyarankan untuk makan es krim sebelum makan untuk mendinginkan suhu dalam perut.

Rasa dingin dan manis dari es krim dapat meredakan rasa pedas di lidahmu. Satu sendok es krim saja sudah bisa meredakan rasa panas akibat makan cabe terlalu banyak.

3. Air hangat

Rasa pedas pada masakan biasanya disebabkan karena cabe. Sehabis makan makanan pedas, biasanya tenggorokan terasa nyeri. Guna menghlangkan rasa pedas cabe di mulut, minum air hangat bisa menjadi pilihanmu.

Air hangat bersifat melebarkan pembuluh darah sehingga supply oksigen menjadi lancar dan menjadikan pelepasan mediator radang berkurang. Minum air dingin justru bisa memperlama efek pedasnya.

4. Coklat

Coklat memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi. Kandungan lemak inilah yang akan membantu untuk menghilang capsaicin dan rasa pedas dari mulut. Jelas bahwa mengkonsumsi sebatang coklat jauh lebih bagus daripada minum bergelas-gelas air putih yang tentunya akan membuat perutmu menjadi kembung.

5. Minuman asam

Mengonsumsi minuman berasa asam bisa mendinginkan lidah dari rasa panas akibat cabe. Pilihannya bisa beragam, seperti jus lemon atau jus jeruk. Bahan ini bisa memberi efek penetralisir pH dari makanan pedas yang kamu konsumsi.

(kna/up)