Rabu, 10 Apr 2019 14:46 WIB

Nyabu untuk Jaga Stamina? 5 Alternatif Ini Jauh Lebih Sehat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Aktor FTV Agung Saga tersandung narkoba (Foto: dok. istimewa) Aktor FTV Agung Saga tersandung narkoba (Foto: dok. istimewa)
Jakarta - Satu lagi aktor tersangkut narkoba jenis sabu. Agung Saga ditangkap polisi dengan sejumlah barang bukti dan hasil tes urine menunjukkan positif sabu.

"Sabu 1,53 gram itu sisa pakai," kata Kasubdit 2 Ditnarkoba Polda Metro Jaya AKBP Donny Alexander seperti diberitakan detikcom.

Dalam banyak kasus, pemakai sabu menyalahgunakan zat terlarang ini untuk menjaga stamina. Sabu, yang merupakan nama lain kristal methampethamine, merupakan stimulansia yang bekerja di saraf pusat dan bisa memicu ketagihan.



Tanpa harus menyalahgunakan sabu atau jenis narkoba yang lain, stamina bagi orang sibuk sebenarnya bisa dijaga dengan berbagai cara. Berikut beberapa alternatif yang lebih sehat, seperti dikutip dari Healthline.

1. Cukup tidur
Dengan memenuhi kebutuhan tidur 7-8 jam sehari, tubuh punya waktu untuk memulihkan sel-sel yang rusak dan kelelahan. Berbagai fungsi tubuh akan berjalan dengan lebih efisien bila kebutuhan istirahat selalu dipenuhi.



2. Kurangi stres
Hingga takaran tertentu, stres dibutuhkan untuk menyeimbangkan pikiran. Untuk maju, seseorang butuh stres positif. Namun stres yang tidak terkontrol dan belebihan juga akan menguras energi. Tak hanya melelahkan secara mental, tetapi juga fisik jadi lebih mudah kelelahan.



3. Olahraga
Organisasi kesehatan dunia (WHO) menganjurkan aktivitas fisik dengan intensitas sedang selama 150 menit dalam sepekan, atau kurang lebih 30 menit sehari selama 5 hari. Olahraga terbukti bisa memperbaiki mood dan membuat tubuh lebih berstamina.



4. Makan seimbang
Sumber energi utama untuk beraktivitas berasal dari makanan, karenanya cukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang. Tak hanya soal jumlah kalori yang harus diperhatikan, tetapi juga komposisi gizi makro dan mikro di dalamnya. Kekurangan salah satu unsur di dalamnya, bisa berdampak pada stamina.



5. Bergaul dengan sehat
Kesehatan jiwa berpengaruh pada stamina fisik. Bergaul dengan orang-orang positif akan memberikan pengaruh yang juga positif, serta bisa saling menularkan gaya hidup yang lebih sehat.

(up/kna)
News Feed