Kamis, 11 Apr 2019 13:08 WIB

Mus Mulyadi Jatuh Bangun Lawan Diabetes, Kenali Faktor Risikonya

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Diabetes atau kencing manis punya berbagai faktor risiko (Foto: Getty Images)
Jakarta - Kabar duka menyelimuti dunia musik Tanah Air. Maestro keroncong, Mus Mulyadi dikabarkan meninggal dunia. Informasi tersebut disampaikan langsung oleh salah satu anaknya, Erick Haryadi.

Sebelumnya, Mus Mulyadi diketahui mengidap diabetes. Ternyata, diabetes juga dimiliki oleh kedua orangtuanya. Empat dari delapan saudara Mus Mulyadi pun diketahui menderita penyakit gula darah tinggi.

"Saya kontrol ke dokter Jerman, ternyata gula saya itu sampai 460 dengan keadaan badan saya beratnya 73 kilogram. Saya disuruh diet. Tiap makan saya harus 2 ribu kalori. Setelah itu saya turun berat badan sampai 62 kilogram," kata Mus Mulyadi ketika disambangi di kediamannya di Taman Alfa Indah, Joglo, Jakarta Barat, Selasa (2/3/2010).

Tapi tahukah kamu kalau International Diabetes Federation melaporkan bahwa diperkirakan terdapat 10,3 juta jiwa penduduk Indonesia mengidap diabetes pada 2017. Dikutip dari Centers for Diseases Control and Prevention (CDC), berikut ini adalah faktor risiko dari berbagai jenis diabetes.



Prediabetes dan diabetes tipe 2 hampir memiliki faktor risiko yang sama, antara lain:

- Kelebihan berat badan
- Berusia 45 tahun atau lebih
- Memiliki orang tua atau saudara dengan diabetes tipe 2
- Kurang aktif secara fisik
- Pernah mengalami gestational diabetes (diabetes ketika kehamilan)
- Punya prediabetes

Sementara diabetes tipe 1 diduga disebabkan oleh reaksi kekebalan tubuh (tubuh menyerang sendiri). Faktor risiko untuk diabetes tipe 1 tidak sejelas untuk prediabetes dan diabetes tipe 2. Faktor risiko yang diketahui meliputi:

- Riwayat keluarga
Memiliki orang tua, saudara laki-laki, atau saudara perempuan dengan diabetes tipe 1.

- Usia
Kamu bisa mendapatkan diabetes tipe 1 pada usia berapapun, tetapi lebih mungkin untuk berkembang ketika kamu masih anak-anak, remaja, atau dewasa muda.Di Amerika Serikat, orang kulit putih lebih mungkin mengembangkan diabetes tipe 1 daripada orang Amerika keturunan Afrika dan Amerika Latin. Saat ini, tidak ada yang tahu bagaimana mencegah diabetes tipe 1.




Simak video Penyanyi Keroncong Mus Mulyadi Tutup Usia:

[Gambas:Video 20detik]


Mus Mulyadi Jatuh Bangun Lawan Diabetes, Kenali Faktor Risikonya
(up/up)