Kamis, 11 Apr 2019 15:04 WIB

Seperti Apa Pengobatan Diabetes, Penyakit yang Diidap Mus Mulyadi?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Pemusik Mus Mulyadi meninggal dunia akibat diabetes yang telah lama diidapnya. (Foto: YouTube)
Jakarta - Kabar duka datang dari dunia permusikan tanah air. Maestro musik keroncong Indonesia, Mus Mulyadi, meninggal akibat penyakit diabetes yang diidapnya sejak lama.

Dikutip dari detikHOT, Mus Mulyadi sudah mengalami masalah gula darah tinggi sejak 1982. Komplikasi mulai menyerang matanya menjelang tahun 2000 ketika ia menyadari pandangan matanya menurun.

Disebutkan, riwayat diabetes juga ada pada kedua orang tuanya. Begitupun, empat dari delapan saudara Mus Mulyadi juga memiliki riwayat gula darah tinggi.



Diabetes merupakan gangguan kronis yang menyebabkan tubuh belum bisa memproduksi atau menggunakan insulin secara efektif. Sayangnya, penyakit ini tidak bisa disembuhkan tetapi bisa dikontrol agar tidak menjadi kronis.

Dikutip dari Mayo Clinic, terdapat beberapa alternatif yang bisa dilakukan oleh penyandang diabetes untuk mengontrol gula darahnya tetap stabil.

1. Menurunkan berat badan

Kehilangan berat badan bisa menurunkan kadar gula darah. Jika berat badan turun meski hanya 5-10 persen tetap membuat perbedaan. Misalnya, seseorang yang memiliki berat badan 82 kg perlu turun setidaknya 5 kg untuk membuat dampak pada kadar gula darah.

Mengontrol porsi makan dan konsumsi makanan yang sehat juga cara sederhana untuk mulai menurunkan berat badan.

2. Makan makanan yang sehat

Bertentangan dengan persepsi populerm tidak ada diet khusus untuk pengidap diabetes. Namun, pengidap diabetes harus lebih condong pada perilaku makan sebagai berikut:

- Lebih sedikit kalori
- Kurangi karbohidrat olahan dan gula
- Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh
- Perbanyak makan sayur dan buah
- Perbanyak konsumsi serat

3. Olahraga

Setiap orang membutuhkan latihan aerobik yang teratur, tak terkecuali para pengidap diabetes. Pilih jenis olahraga yang disukai seperti berenang, bersepeda atau jogging sehingga bisa menjadikannya sebagai bagian dari rutinitas harian.


Tonton video 'Kondisi Mus Mulyadi Sempat Membaik':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)