Jumat, 12 Apr 2019 06:10 WIB

4 Kebiasaan BAB Aneh, Kamu yang Mana?

Widiya Wiyanti - detikHealth
4 fakta BAB. Foto: ilustrasi/thinkstock 4 fakta BAB. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Buang air besar (BAB) adalah kegiatan rutin yang pasti dilakukan semua orang. Namun tingkat frekuensi pada setiap orang berbeda-beda. Ada yang BAB setiap hari, namun ada juga yang tiga kali dalam seminggu.

Berapapun frekuensinya, BAB ternyata memiliki berbagai macam keunikan yang mungkin beberapa pernah dialami olehmu.

Dikutip dari Reader's Digest, ada empat kebiasaan BAB yang aneh dan dijelaskan oleh sains.

1. Minum kopi mendorong rasa ingin bab

Sekitar 30 persen orang merasakan keinginan untuk buang air besar setelah minum kafein. Menurut penelitian, para ilmuwan telah mengamati bahwa kopi merangsang usus besar bagian distal yang mempercepat pembuangan kotoran. Asam dari kafein juga menyebabkan lambung memproduksi lebih banyak asam lambung yang menyebabkan lambung membuang isinya lebih cepat.


2. BAB bikin merinding

Ada yang punya kebiasaan ini? Ini terjadi ketika gerakan usus merangsang saraf vagus yang membentang dari batang otak ke usus besar. Ketika saraf itu dirangsang, maka dapat menyebabkan keringat, merinding, bahkan menggigil serta terjadinya penurunan tekanan darah dan detak jantung.

3. Makanan pedas buat BAB terbakar

Kalau makan makanan pedas pasti mulut rasanya terbakar. Nah hal itu sama terjadi pada dubur saat kita makan makanan pedas. "Karena bagian terakhir dari daerah anal atau dubur dilapisi oleh sel-sel yang mirip dengan yang ada di mulut, makanan pedas dapat terbakar sama seperti pada saat keluar," kata spesialis koloproktologi dan bedah laparoskopi di Universitas Sapienza Roma di Italia, Luigi Basso, MD

4. Nggak bisa BAB kalau bepergian

Menurut ahli gastroenterologi di Connecticut, AS, Ed Levine, MD, hampir 40 persen orang mengalami konstipasi ketika mereka bepergian, dan itu terutama karena perubahan dalam rutinitas keseharian. Waktu makan yang berbeda atau jadwal tidur yang bergese dapat membuat ritme sirkadian tubuh berubah dan memengaruhi proses pencernaan.




Simak Juga 'Cerita Mereka yang Pernah 'Menderita' Menahan BAB':


4 Kebiasaan BAB Aneh, Kamu yang Mana?
(wdw/up)
News Feed