Sabtu, 13 Apr 2019 18:26 WIB

Berlomba-lomba Ciptakan ASI untuk Dewasa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kini tak cuma bayi yang terobsesi ASI, orang dewasa juga memburu manfaatnya (Foto: Thinkstock) Kini tak cuma bayi yang terobsesi ASI, orang dewasa juga memburu manfaatnya (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Sebuah laporan di Bloomberg menyebut sejumlah perusahaan berinvestasi besar-besaran untuk membuat ASI (Air Susu Ibu) sintetis. Bukan untuk bayi dan anak-anak, melainkan untuk orang dewasa.

Tren ini didasari oleh berbagai penelitian yang membuktikan manfaat ASI yang tak hanya baik untuk anak, tetapi juga untuk dewasa. Salah satu kandungan ASI yang dianggap sebagai 'superfood' tersebut adalah human milk oligosaccharide (HMO).

Dilaporkan sebuah perusahaan DuPont telah memiliki suplemen dengan kandungan HMO yang dinamakan CARE4U. Sementara di Denmark, Glycom membuat Holigos dengan kandungan serupa.

Pada bayi, HMO memperkuat pertumbuhan sistem imun, membantu melawan infeksi dan peradangan. Kandungan ini juga membantu pertumbuhan otak, menurut penelitian terbaru. Disebutkan, manfaat serupa juga berlaku untuk segala usia termasuk dewasa.



Namun sejumlah pakar memandang tren ini dengan skeptis, terlebih jika pada akhirnya dijual dengan harga sangat mahal. Salah satu pendapat disampaikan oleh kepala komite nutrisi American Academu of Pediatrics, Steven A Abrams.

"Jangan pernah berasumsi penambahan komponen ASI benar-benar membuat formula seperti ASI," katanya, dikutip dari Bloomberg, Sabtu (13/4/2019).

ASI sintetis dengan kandungan HMO diklaim bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan pada orang dewasa. Di antaranya irritable bowel syndrome, alergi, dan bahkan penuaan otak.

(up/up)