Senin, 15 Apr 2019 16:11 WIB

Misterius, Wanita Asal Amerika ini Kini Fasih Beraksen Inggris

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi wanita Amerika yang mendadak beraksen Inggris. Foto: thinkstock Ilustrasi wanita Amerika yang mendadak beraksen Inggris. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang wanita asal Arizona, Amerika Serikat, baru-baru ini membuat geger. Pasalnya, ia terlahir di Amerika dan belum pernah ke luar negeri, namun suatu hari ia terbangun dan berbicara dengan aksen Inggris yang fasih.

Michelle Myers mengaku merasakan sakit kepala, yang lalu ia bawa tidur. Saat terbangun, ia berbicara bak orang Inggris asli. Usut punya usut, kejadian misterius yang dialaminya merupakan suatu kondisi medis yang disebut Foreign Accent Syndrome atau sindroma aksen asing (FAS).

"FAS sering terjadi karena stroke atau trauma di kepala. Beberapa kasus juga dikaitkan dengan multiple sclerosis, namun yang lainnya tak memiliki penyebab yang jelas. Pengidap penyakit ini biasanya mengalami perubahan berbicara, seakan sedang berbicara dengan aksen asing," demikian penjelasan University of Texas, dikutip dari Fox News.


Wanita berusia 45 tahun tersebut juga diketahui mengidap Ehlers-Danlos, yang menyebabkannya memiliki sendi yang sangat lentur dan berpotensi menyebabkan pecahnya pembuluh darah. Sebelum akhirnya beraksen Inggris selama bertahun-tahun, ia sempat beberapa kali mengalami perubahan aksen asing, hanya bertahan beberapa minggu saja.

Para dokter yang menanganinya menduga kondisi ini disebabkan oleh migrain hemiplegia. Yang merupakan sebuag kondisi migrain yang langka namun mengakibatkan sejumlah gejala mirip stroke, yang kemungkinan besar mempengaruhi cara berbicara Michelle.

Kasus FAS menyebabkan seseorang menjadi berbicara bahasa asing bukanlah pertama kali ini. Pada tahun 2016, ada seorang anak laki-laki berusia 16 tahun yang berbicara bahasa Spanyol yang fasih setelah bangun dari koma akibat cedera sepak bola.



Misterius, Wanita Asal Amerika ini Kini Fasih Beraksen Inggris
(frp/up)
News Feed