Selasa, 16 Apr 2019 08:00 WIB

4 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Manfaat minum air hangat di pagi hari. Foto: Istock Manfaat minum air hangat di pagi hari. Foto: Istock
Jakarta - Kebiasaan minum air hangat di pagi hari ternyata memiliki sejumlah manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Selain nyaman di tenggorokan, minum air hangat bisa membantu bagi fungsi pernapasan bahkan sampai dietmu loh.

"Dokter merekomendasikan untuk minum air hangat di pagi hari, biasanya, dengan perendaman lemon yang kaya polifenol, atau dengan teh yang terbukti mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh," Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan media di Food and Nutrition Sciences, dikutip dari Medical Daily.

Ini dia sejumlah manfaat lainnya.


1. Baik bagi pencernaan

Air hangat akan membantu memecah makanan lebih cepat, membuatnya lebih mudah untuk kamu cerna.

Sementara kalau kamu menambahkan es ke air dingin yang diproses akan menghilangkan mineral alami yang telah terkandung, kata Metsovas. Padahal mineral ini sangat penting untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan.

2. Membantu mengatasi sembelit

Ketegangan yang dirasakan selama sembelit disertai dengan kembung, disebabkan oleh kurangnya air dalam tubuh. Minum air yang hangat di pagi hari dengan perut kosong dapat membantu meningkatkan buang air besar dan membantu sembelit sembari memecah makanan saat mereka lancar melewati usus.

Minum air hangat akan merangsang usus akan membantu mengembalikan tubuh kembali ke fungsi normal.


3. Bermanfaat dalam program menurunkan berat badan

Jika kamu sedang dalam program diet, kemungkinan kamu pernah mendengar minum segelas air hangat di pagi hari dapat membantu menurunkan berat badan. Air hangat meningkatkan suhu tubuh, yang karenanya meningkatkan laju metabolisme. Peningkatan laju metabolisme memungkinkan tubuh untuk membakar lebih banyak kalori.

4. Menghilangkan rasa sakit

Air hangat dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit dari menstruasi menjadi sakit kepala. Air hangat diketahui memiliki efek menenangkan dan menenangkan pada otot-otot perut, yang dapat membantu memberikan bantuan instan untuk kram dan kejang otot.

Menurut Health Line, air hangat biasanya lebih baik untuk kram, karena cairan panas meningkatkan aliran darah ke kulit dan membantu mengendurkan otot-otot yang kram.




Tonton juga video Pentingnya Minum Air untuk Menjaga Ginjal Tetap Sehat:

[Gambas:Video 20detik]


4 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari
(ask/up)