Selasa, 16 Apr 2019 15:12 WIB

Kanker Apa Saja yang Butuh Donor Stem Cell Seperti Cinta Penelope?

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Cinta Penelope. Foto: Ismail/detikHOT Cinta Penelope. Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta - Saat merilis buku pertamanya yang bertajuk 'Sebelum Titik', Cinta Penelope mengaku didiagnosis kanker stadium 3. Masih belum diketahui apa jenis kanker yang diidapnya, salah satu sahabat Cinta, Gerry Iskak, sudah berniat untuk membantu kesembuhannya dengan mendonorkan stem cell miliknya.

Transplantasi stem cell atau sel punca biasanya dilakukan untuk menangani beberapa jenis penyakit yang berkaitan dengan darah, seperti anemia aplastik dan thalassemia. Kanker juga menjadi salah satu penyakit yang bisa ditangani dengan transplantasi sel-sel yang diproduksi dari sumsum tulang belakang ini.

Ada empat kanker yang diketahui lebih sering memakai penanganan transplantasi sel punca. Berikut penjelasannya seperti dirangkum dari berbagai sumber:


1. Leukemia

Merupakan tipe kanker darah yang paling banyak dikenal. Kanker terbentuk di jaringan sumsum tulang pembentuk darah dan memengaruhi sel darah putih. Leukemia lebih sering ditemukan pada anak-anak di bawah usia 15 tahun, sedangkan sebagian lainnya lebih sering ditemukan pada orang dewasa di atas usia 55 tahun.

Kanker ini ditandai dengan produksi sel darah putih abnormal yang sangat cepat dan banyak sehingga tak mampu untuk melawan infeksi serta merusak kemampuan tulang sumsum untuk memproduksi sel darah merah dan keping darah.

Leukemia akut berkembang sangat cepat, dan biasanya semakin memburuk dalam waktu singkat. Sebaliknya, leukemia kronis berkembang lebih lambat hingga bertahun-tahun. Ada empat tipe leukemia, acute myeloid leukemia (AML), chronic myeloid leukemia (CML), acute lymphocytic leukemia (ALL) dan chronic lymphocytic leukemia (CLL).

2. Limfoma

Kanker limfoma terjadi berawal dari sel-sel limfosit atau darah putih di kelenjar getah bening (limfoma). Biasanya ditandai dengan gejala pembengkakan pada kelenjar getah bening dan seiring waktu bisa merusak sistem imun tubuh.

Kemudian diikuti dengan bagian-bagian tubuh yang kerap dilaporkan muncul benjolan atau pembengkakan akibat kanker kelenjar getah bening antara lain leher, ketiak, dan pangkal paha. Dr dr Andhika Rachman, SpPD-KHOM, dari RS Cipto Mangunkusumo menjelaskan benjolan yang jadi tanda kanker punya ciri tidak sakit dan semakin besar.

Penyakit kanker limfoma punya dua tipe. Satu tipe limfoma Hodgkin dan tipe lainnya limfoma non-Hodgkin. Apa yang membedakan keduanya ada pada kehadiran limfosit abnormal bernama sel Reed-Sternberg, yang merupakan sel limfosit B yang bermutasi yang sangat besar menurut standar seluler yakni hingga lima kali lebih besar daripada limfosit normal.


3. Multiple myeloma

Multiple myeloma adalah kanker yang terbentuk dalam jenis sel darah putih yang disebut sel plasma. Sel plasma ini membantu tubuh melawan infeksi dengan membuat antibodi yang dapat mengenali dan menyerang kuman.

Kanker ini menyebabkan sel-sel kanker menumpuk di sumsum tulang, tempat memproduksi sel-sel darah baru. Maka dari itu, salah satu pengobatannya adalah transplantasi sumsum tulang untuk menghasilkan sel-sel darah yang sehat.

4. Neuroblastoma

Dikutip dari Mayo Clinic, neuroblastoma sering muncul di sekitar kelenjar adrenal, yaitu menyerang sel-sel saraf di atas ginjal. Kanker ini juga bisa berkembang di sekitar perut, dada, dan tulang belakang. Kondisi ini bisa dialami bayi yang baru lahir, namun manifestasinya baru terlihat saat usianya sudah lebih tua, biasanya di usia 2-4 tahun.

Dokter spesialis anak, dr Endang Windiastuti, SpA(K). menjelaskan kepada detikHealth bahwa gejala dari kanker ini bergantung pada tempat sel kanker berkembang. Misalnya di perut, maka perut akan mengalami pembesaran.

"Kalau larinya ke perut maka perutnya membesar. Kalau ke tulang, maka nyeri tulang sehingga anak nggak mau jalan karena sakit kalau jalan. Kalau larinya ke mata, matanya akan menonjol sebelah, juga perdarahan di bola mata," ujarnya.




Tonton juga video saat Cinta Penelope Divonis Kanker Stadium 3:

[Gambas:Video 20detik]


Kanker Apa Saja yang Butuh Donor Stem Cell Seperti Cinta Penelope?
(frp/up)
News Feed