Kamis, 18 Apr 2019 09:11 WIB

Kelelahan Jaga TPS? Ini 5 Tips Relaksasi Biar Cepat Kembali Bugar

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jaga TPS banyak menguras energi (Foto: Rifkianto Nugroho)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
Jakarta - Kerja keras para petugas dalam mengawal TPS (Tempat Pemungutan Suara) pastinya banyak menguras energi. Penghitungan yang molor membuat waktu tidur berkurang, belum lagi jika harus menempuh medan berat untuk menuju lokasi.

Bagi yang sudah menuntaskan tugasnya, maka tiba waktunya untuk mengistirahatkan diri. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips untuk mengembalikan kebugaran setelah bekerja keras.



1. Peregangan
Keluhan pegal-pegal dan nyeri otot selalu muncul saat kelelahan. Apalagi jika sepanjang Pemilu lalu banyak duduk menunggui TPS. Lakukan peregangan untuk meredakan ketegangan pada kelompok otot yang telah bekerja keras sepanjang hari.

2. Berendam
Mandi saja kadang-kadang tidak cukup untuk menyegarkan badan. Jika memungkinkan, cobalah untuk berendam agar peredaran darah kembali lancar.



3. Cari udara segar
Berjalan-jalan di taman, atau rekreasi di alam terbuka adalah salah satu cara memulihkan kebugaran. Suplai oksigen yang berlimpah di alam yang asri akan membantu proses pemulihan usai kelelahan.

4. Memanjakan diri sendiri
Jika belakangan ini sedang membatasi asupan kalori, dalam kondisi seperti ini 'cheating' sehari bisa memberikan lebih banyak manfaat. Makan yang enak-enak untuk memberi penghargaan atas kerja keras yang sudah dilakukan, sah-sah saja dilakukan selama tidak berlebihan. Yang penting, setelah itu dikompensasi dengan olahraga yang cukup.

5. Tidur
Satu-satunya obat untuk mengatasi kurang tidur adalah tidur. Tidak ada pilihan lain, segera cari waktu untuk memejamkan mata karena kurang tidur bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan secara umum.



Tonton juga video Aksi Sekelompok Orang Berbaju FPI Datangi TPS di Tanjung Duren:

[Gambas:Video 20detik]


Kelelahan Jaga TPS? Ini 5 Tips Relaksasi Biar Cepat Kembali Bugar
(up/up)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS