Kamis, 18 Apr 2019 13:46 WIB

Kurang Tidur Usai Jaga TPS? Ini Saran Dokter untuk Cepat Pulihkan Kondisi

Ayunda Septiani - detikHealth
Para petugas bekerja keras mengamankan surat suara (Foto: Lamhot Aritonang) Para petugas bekerja keras mengamankan surat suara (Foto: Lamhot Aritonang)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
Jakarta - Pemilu pada Rabu 17 April 2019 membuat petugas TPS (Tempat Pemungutan Suara) berjaga hingga larut malam. Karena penghitungan dilakukan dengan teliti, waktu yang dibutuhkan jadi cukup lama. Beberapa dari penjaga TPS ada yang begadang hingga pagi.

Setelah berjaga semalaman hingga pagi, bagaimana cara memulihkan kondisi akibat kurang tidur? Praktisi kesehatan tidur, dr Andreas Prasadja, RSPGT menyarankan untuk tidur siang setelah berjaga semalaman.



"Ya tidur untuk pemulihannya. Musti dipahami juga kalau tidur siang dan tidur malam itu beda. Kalo tidur malam satu siklus nya itu 2 jam, sedangkan tidur siang hanya 15 menit sampai 20 menit. Nah tidur siang itu 1 siklus terpenuhi. Jadi kalau bayar hutangnya siang-siang gini ya silahkan," jelas dr Ade, begitu sapaanya, saat dihubungi detikHealth (18/04/19).

dr Ade juga menjelaskan bahwa sah-sah saja untuk membayar hutang tidur pada siang hari. Tapi, tetap harus terkontrol dengan jadwal tidur pada malam hari.

"Tapi inget, kalo udah tidur siang dengan puas jangan begadang lagi malemnya. Disesuaikan lagi dengan jadwal tidur seperti biasanya. Kalo begadang lagi malamnya ya percuma," tutupnya.

(up/up)
Topik Hangat Begadang Jaga TPS
News Feed