Minggu, 21 Apr 2019 09:33 WIB

Syahrini Ketiban Lemari, Ini Penyebab Bengkak usai Alami Cedera

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Syahrini baru-baru ini cedera karena tertimpa lemari parfum Reino Barrack. Foto: Palevi S/detikFoto Syahrini baru-baru ini cedera karena tertimpa lemari parfum Reino Barrack. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta - Syahrini baru-baru ini tertimpa musibah. Kaki kanannya tertiban lemari tempat Reino Barrack sang suami untuk menyimpan parfum. Kaki kanannya itu pun sempat diperban dalam masa perawatan, ia berjalan pincang karena hal tersebut.

"Today Buka Perban...," tulis Syahrini dalam Instagram story seraya memamerkan kaki kanannya yang tanpa perban.

"Dhann...Masih Bengkak, Kaki Gajah Serta Ungu," lanjutnya.


Dikutip dari Nationwide Children's, tubuh memang selalu memberikan reaksi pada kecelakaan dengan respons inflamasi sebagai langkah pertama menuju penyembuhan. Kemerahan, panas, bengkak, dan nyeri berhubungan dengan tahap pertama ini.

Kemerahan dan panas disebabkan oleh peningkatan aliran darah. Sedangkan pembengkakan adalah hasil dari peningkatan pergerakan cairan dan sel darah putih ke area peradangan. Pelepasan bahan kimia dan kompresi saraf di area cedera menyebabkan rasa sakit. Rasa sakit dan bengkak dapat menjaga orang atau biasanya atlet dari menggunakan bagian yang terluka, sehingga ia bertujuan untuk melindunginya dari cedera lebih lanjut.

Namun, seringkali, respons tubuh berlebihan.

"Peradangan dan rasa sakit yang berkepanjangan dapat menyebabkan atrofi otot di sekitar sendi dan penurunan kemampuan untuk mengaktifkan otot," kata Lisa Kluchurosky, ATC, koordinator, Children's Sports Medicine.

"Jika tidak ditangani dengan tepat, pembengkakan dapat menjadi kronis, atau dalam jangka panjang. Pembengkakan kronis menyebabkan jaringan menjadi lebih kaku dan kurang lentur daripada bagian lainnya yang sehat. Jaringan yang kurang lentur lebih rentan terhadap cedera lebih lanjut," jelasnya.

Karena itu pentingnya untuk memperlakukan cedera dengan baik. Periksakan ke dokter jika kamu merasa pembengkakan yang kamu alami berlangsung lama.

(ask/up)
News Feed