Senin, 22 Apr 2019 16:06 WIB

Memar Biru Muncul Tiba-tiba, Bukan Dijilat Setan Tapi Karena Hal Berikut

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Memar kebiruan bukan berarti dijilat setan (Foto: ilustrasi/thinkstock) Memar kebiruan bukan berarti dijilat setan (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Pernah nggak terbangun di pagi hari lalu melihat di beberapa area tubuh terdapat memar kebiruan padahal tidak terjatuh atau kepentok? Memar biru yang muncul tiba-tiba disebut-sebut karena dijilat setan. Hmm... benar nggak ya?

Dalam ilmu kedokteran, memar terjadi ketika pembuluh darah kecil di bawah kulit robek atau pecah, paling sering karena benjolan atau jatuh. Darah bocor ke jaringan di bawah kulit dan menyebabkan warna yang kebiruan dan hitam.

Saat memar sembuh, biasanya dalam 2 sampai 4 minggu, mereka akan berubah warna termasuk hitam keunguan, biru kemerahan, atau hijau kekuningan.



Dikutip dari Cigna, jika tubuh mudah memar, mungkin kamu tidak ingat apa yang menyebabkannya. Memar dengan mudah bukan berarti kamu memiliki masalah kesehatan yang serius terutama juka memar hanya muncul sesekali.

Tapi, juga terdapat kondisi yang bisa menyebabkan tubuh mudah memar-memar tanpa sebab. Memar biru yang muncul tiba-tiba dapat disebabkan oleh:

- Obat, seperti aspirin atau pengencer darah
- Infeksi
- Gangguan pembekuan darah seperti hemofilia, penyakit won Willebrand, trombositopenia atau gangguan pembekuan darah lainnya.
- Penyakit hati, sirosis, leukimia atau multiple myeloma
- Malnutrisi seperti kekurangan vitamin B12, c, K, atau asam folat


Memar Biru Muncul Tiba-tiba, Bukan Dijilat Setan Tapi Karena Hal Berikut
(kna/up)
News Feed