Senin, 29 Apr 2019 11:21 WIB

Kenapa Kepala Terasa Sakit Saat Absen Minum Kopi Seharian?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Absen minum kopi juga disertai dengan gejala yang tidak menyenangkan lainnya. (Foto: thinkstock) Absen minum kopi juga disertai dengan gejala yang tidak menyenangkan lainnya. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Bagi pecinta kopi, tidak meminum kopi seharian sepertinya bisa menjadi masalah besar. Terdapat beberapa efek yang akan dirasakan seperti sakit kepala yang terasa seperti pukulan drum di pelipismu.

Lebih buruk lagi, absen minum kopi juga disertai dengan gejala yang tidak menyenangkan lainnya seperti kelelahan, sulit berkonsentrasi, perubahan suasana hati dan perasaan seperti terserang flu.

Tidak meminum kopi juga menyebabkan sensasi berdenyut di kedua sisi kepala. Ini dapat terjadi pada orang yang mengonsusi 2 atau lebih cangkir kopi setiap hari.

Dikutip dari abc.net.au, tidak adanya kafein secara signifikan mengubah aliran darah dan bahkan aktivitas di otak. Ketika sering minum secangkir kopi di pagi hari, kafein akan menyempitkan pembulih darah otak yang berarti darah mengalir lebih lambat ke otak.



Ketika tidak menenggak kopi, terjadi peningkatan aliran darah yang bisa memicu sakit kepala atau gejala lainnya. Ini juga disebabkan karena kebiasaan meminum kopi yang meningkatkan jumlah reseptor adenosin.

Mengutip laman Healthline, cara untuk menghindari sakit kepala karena kafein adalah dengan mengurangi ketergantungan. Tapi jika dilakukan dengan tiba-tiba, kamu mungkin akan merasa makin pusing.

"Langkahnya adalah melakukannya secara perlahan. Kurangi asupan sekitar 25 persen setiap minggu," demikian dikutip situs tersebut.

Misalnya ketika kamu biasanya minum empat cangkir kopi, turunkan menjadi tiga cangkir dalam minggu pertama. Lanjutkan sampai turun ke satu atau tidak sama sekali.




Simak Juga 'Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)