Senin, 29 Apr 2019 18:28 WIB

7 Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan

Fithria Pratiwi - detikHealth
7 Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan/Foto: istock 7 Manfaat Daun Binahong untuk Pengobatan/Foto: istock
Jakarta - Daun binahong memiliki manfaat yang bisa kamu gunakan untuk pengobatan tubuh di luar dan dalam. Daun ini dapat tumbuh di daratan rendah maupun daratan tinggi.

Tanaman binahong ini mungkin agak terasa asing di telinga. Padahal tanaman ini dapat tumbuh dengan mudah di sekitar rumah. Binahong ini dapat kita gunakan untuk kesehatan tubuh. Apa saja manfaatnya? Ini dia penjelasannya.



1. Mengatasi Jerawat

Jerawat akan mengurangi kepercayaan diri. Kamu bisa mencoba daun binahong untuk menghilangkan jerawat. Kandungan zat yang terdapat di dalamnya mampu secara efektif membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat. Selain untuk masalah jerawat, binahong dapat mengatasi masalah wajah lainnya, seperti komedo dan flek hitam. Kandungan kolagen yang tinggi dapat membantu mencerahkan wajah dengan cepat.

Cara penggunaannya, kamu dapat menggunakan daun binahong sebagai obat luar yang dibuat berbentuk masker. Gunakan daun binahong ke seluruh wajah yang telah dihaluskan terlebih dahulu. Kamu dapat menggunakannya selama 30 menit dan dapat dicoba secara rutin untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

2. Mencegah Penyakit Jantung

Mengonsumsi daun binahong sangat baik untuk jantung. Kandungan saponin pada binahong mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang merupakan penyebab serangan jantung.

Kamu dapat mengambil beberapa helai daun binahong, kemudian seduh dengan air panas. Tambahkan sedikit gula atau madu agar terasa lebih enak. Konsumsilah ramuan ini sebanyak dua kali sehari.

3. Mencegah Diabetes

Daun binahong dapat mengontrol pengidap diabetes. Dengan menjaga pola makan, kamu juga bisa minum rebusan daun binahong setiap hari untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Mengobati Luka

Daun binahong dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka. Tumbuk daun binahong dan pasang ke bagian yang luka agar mempercepat penyembuhan. Dari luka memar hingga luka bekas operasi bisa digunakan untuk penyembuhan lebih cepat.

5. Pencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang sangat tinggi pada daun binahong dapat mencegah keganasan kanker. Kamu dapat minum air rebusan binahong ini 3 kali sehari secara teratur untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

6. Mengobati Mag

Manfaat daun binahong juga bagus untuk pencernaan, salah satunya sakit mag. Penyakit mag disebabkan karena lambung memproduksi asam lambung yang berlebih. Dengan mengonsumsi daun binahong dapat membantu menormalkan asam lambung.

7. Mengobati Asam Urat

Asam urat membuat rasa nyeri pada persendian. Kandungan daun binahong berguna untuk asam urat kerena dapat menurunkan kadar purina dalam tubuh. Minum rebusan daun binahong secara rutin untuk merasakan perubahannya.

Itulah manfaat daun binahong yang dapat kamu coba. Tidak ada salahnya dicoba sebagai salah satu obat herbal untuk kesehatanmu. (nwy/up)