Selasa, 30 Apr 2019 16:52 WIB

KLB Polio di Papua, Kemenkes Keluarkan Anjuran Perjalanan Bagi Wisatawan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi vaksin. (Foto: thinkstock) Ilustrasi vaksin. (Foto: thinkstock)
Jakarta - Kejadian Luar Biasa (KLB) polio yang terjadi di Papua tentu menjadi kekhawatiran besar, tidak terkecuali bagi para pendatang. Untuk itu, wisatawan yang masuk dan yang keluar dari Papua, bukan hanya yang internasional tapi juga domestik, akan diperiksa status vaksinasinya.

"Alurnya teman-teman kita yang dari kesehatan pelabuhan dan bandara mereka akan mengecek apakah dalam 12 terakhir pendatang sudah imunisasi atau tidak," tutur Direktur Surveilans dan Karantina Kesehatan, Ditjen P2P Kementerian Kesehatan, Vensya Sitohang kepada detikHealth, Selasa (30/4/2019)



Ketika wisatawan belum melakukan vaksinasi, maka petugas kesehatan yang berada di lokasi diminta untuk segera memberikan vaksin kepada mereka.

"(Imbauan-red) ini akan berlaku sampai status KLB nanti ditetapkan bahwa sudah tidak ada lagi penularan polio," ucapnya.

Sebelumnya, tercatat ada 3 kasus polio di Yahukimo, Papua, di mana satu di antaranya sudah mengalami lumpuh layu sehingga kasus ini ditetapkan sebagai kejadian luar biasa.

(kna/up)
News Feed