Selasa, 30 Apr 2019 19:55 WIB

5 Gejala Anemia yang Harus Kamu Ketahui

Fithria Pratiwi - detikHealth
5 Gejala Anemia yang Harus Kamu Ketahui (Foto: istock) 5 Gejala Anemia yang Harus Kamu Ketahui (Foto: istock)
Jakarta - Anemia memiliki beberapa gejala yang bisa kamu ketahui. Apa saja itu?

Anemia merupakan suatu kondisi di mana tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Jika ini terjadi, maka tubuh akan mengandung banyak karbon dioksida yang dapat menimbulkan beberapa tanda.

Berikut gejala-gejala anemia yang harus kamu ketahui:



1. Badan Terasa Lemas dan Mudah Lelah

Kamu akan mudah merasakan lemas dan lelah. Hal ini disebabkan karena kurangnya kadar hemoglobin pada sel darah merah.

Sel darah merah dibutuhkan untuk menjaga oksigen yang masuk ke seluruh tubuh. Jaringan pada tubuh yang tidak mendapatkan oksigen dengan optimal akan membuat tubuh kekurangan energi. Hal inilah yang membuat tubuhmu merasa lemas dan mudah lelah.

2. Kulit Pucat

Jika tubuh kekurangan sel darah merah dan asupan oksigen yang cukup, maka akan membuat kamu terlihat pucat. Kulit pucat akan terlihat pada bagian tangan, kelopak mata bawah, bibir, dan lidah.

3. Sakit Kepala

Sakit kepala terus-menerus dapat disebabkan karena anemia. Kekurangan darah akan membuat otak kekurangan oksigen. Sehingga hal itu yang membuat kamu merasakan sakit kepala secara terus-menerus.



4. Mudah Sesak Napas

Anemia dapat membuat kamu sering merasa sesak napas atau terengah-engah ketika beraktivitas sehari-hari. Ketika kamu berjalan juga akan lebih mudah merasakan sesak napas.

5. Sulit Berkonsentrasi

Gejala anemia selanjutnya adalah sulitnya untuk berkonsentrasi. Oksigen yang lebih sedikit masuk ke otak membuat seseorang tidak dapat berpikir dengan baik dan mengalami masalah dalam konsentrasi.

Remaja putri lebih berisiko terkena anemia. Hal ini disebabkan karena wanita yang sedang haid mengeluarkan darah kotor dalam volume yang cukup banyak. Konsentrasi belajar pun turun sehingga berakibat menurunnya prestasi di sekolah. Karena itu, anemia pada remaja putri harus dihindari.

Pengobatan anemia dapat kamu lakukan dengan pengecekan ke dokter terlebih dahulu. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan atau dapat juga dilakukan transfusi darah.

Anemia dapat dilakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan protein dan zat besi. Wanita yang sedang haid juga harus menjaga kandungan zat besi yang cukup agar tidak kekurangan darah yang menyebabkan anemia. Menjaga pola hidup sehat seperti tidur dan olahraga yang cukup juga dapat menjaga kamu tidak kekurangan darah. Yuk mulai menjaga pola hidup sehat! (nwy/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya