Rabu, 01 Mei 2019 10:18 WIB

10 Tips Jaga Kesehatan Bagi Buruh yang Lembur dan Shift Malam

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Tetap sehat walau sering lembur! Foto: iStock Tetap sehat walau sering lembur! Foto: iStock
Jakarta - Masalah kesehatan sedang menjadi sorotan belakangan ini, terutama kesehatan para pekerja baik fisik maupun mental. Di Hari Buruh Sedunia ini, sangat penting bagi kita semua untuk mulai menyadari untuk menjaga kesehatan masing-masing.

Dengan kesehatan yang terjaga, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan. Misalnya saja, jarang sakit dan tak perlu cuti atau izin, produktivitas yang semakin baik dan tentu saja semakin sedikit stres.

Tak hanya untuk fisik dan mental, menjaga kesehatan sangat baik untuk dompetmu, karena menurunkan kemungkinan pergi ke dokter dan membeli obat. Dirangkum dari Health Line, kamu bisa mencoba 10 tips untuk menjaga kesehatan ini mulai dari sekarang:


1. Rutin cuci tangan
Mencuci tangan menjadi salah satu kegiatan simpel yang sering disepelekan banyak orang. Padahal, dengan rajin mencuci tangan kita dapat mencegah diri kita terkena penyakit. Mencuci tangan sebaiknya dilakukan sebelum melakukan sesuatu (misalnya sebelum makan), dan setelah melakukan sesuatu (misalnya setelah kencing).

2. Jangan jorok di meja kerja
Apakah kamu tahu bahwa meja kerja bisa ratusan kali lebih jorok daripada dudukan toilet? Bermacam-macam bakteri akan menumpuk jika kamu tak rajin membersihkannya. Menjaganya tetap rapi dan terorganisir, setidaknya dirapikan tiap hari sebelum pulang kerja, dan bersihkan beberapa permukaan (meja, komputer, keyboard) yang menjadi tempat bakteri lebih banyak bersarang.

3. Perbanyak minum
Terlalu lama duduk dan fokus pada pekerjaan sering membuat kita lupa atau malas mengambil minum. Menjaga diri tetap terhidrasi sangat penting untuk produktivitas, energi dan kesehatan secara keseluruhan. Air membuatmu tetap waspada, fokus dan segar, sehingga membuatmu lebih jernih berpikir. Sesekali berjalan untuk mengisi ulang botol atau gelasmu juga baik untuk menghindarkanmu dari terlalu lama duduk.

4. Siapkan hand sanitizer
Mungkin ada beberapa kegiatan atau pekerjaan yang membuatmu cukup sulit untuk meninggalkan meja agar bisa mencucui tangan. Oleh karena itu, mempersiapkan hand sanitizer di meja merupakan solusi yang baik dan cepat. Namun tetap tidak melupakan mencuci tangan jika sempat ya!

5. Jaga diri jika ada yang sakit
Jika ada rekan kerja yang terlihat sakit, sebisa mungkin hindari interaksi. Cuci tangan lebih sering jika berada di dekat mereka untuk mengurangi paparan bakteri yang bisa 'terbang' saat mereka bersin atau batuk. Rekan kerja yang sakit sebaiknya disarankan untuk beristirahat hingga kondisi membaik.


6. Makan siang yang sehat
Sebagian besar karyawan memiliki pilihan yang terbatas ketika makan siang dan cenderung tidak teratur makan. Membiasakan membawa bekal atau mempersiapkan apa yang ingin dimakan tiap hari bisa membantu tetap sehat. Pastikan makan siangmu memiliki protein tanpa lemak, sayuran segar dan buah-buahan untuk tetap berenergi tanpa lesu di siang hari.

7. Sesekali keluar
Berada di dalam ruangan lebih dari 8 jam dalam sehari bisa mengurangi paparan sinar matahari dan udara segar. Paparan sinar matahari dapat memicu produksi vitamin D dalam tubuh dan udara segar memperbaiki kualitas bernapas dan aliran darah. Sesibuk apapun, luangkan diri untuk berjalan keluar ruangan, misalnya pergi ke ruangan terbuka di kantor, berjalan sekeliling kantor, atau pergi membeli makan siang.

8. Siapkan snack sehat di meja
Rasa ingin ngemil terkadang tak tertahankan saat kita bekerja. Beberapa jam di antara waktu makan bisa menyebabkan kadar gula darah kita menurun dan membuatmu ingin ngemil yang manis-manis. Hindari cemilan olahan atau, siapkan cemilan sehat seperti buah kering, kacang-kacangan atau yogurt juga bisa. Ngemil lah sekitar dua atau tiga jam setelah makan agar menjaga kadar gula darah dan energi tetap stabil.

9. Batasi asupan kafein
Kafein dan pekerja adalah dua hal yang sulit dipisahkan di zaman modern ini. Akan tetapi, sebaiknya batasi hanya satu kopi di pagi hari, kurangi gula atau krimer di dalamnya untuk mengurangi kalori di dalam tubuh. Lalu bolehkah minum kopi ketika kurang tidur? dr Rimawati Tedjasukmana, spesialis saraf dari RS Medistra yang juga mendalami kesehatan tidur mengatakan kepada detikHealth beberapa waktu lalu bahwa banyak minum kopi bisa menyebabkan jantung berdebar lebih cepat, terus tekanan darah jadi naik lalu berisiko ke jantung dan pembuluh darah karena tekanan darah.

10. Kendalikan stres
Selain kafein, stres juga bisa menjadi salah satu 'teman' di dunia kerja masa kini. Hidup yang serba cepat bisa membuatmu kewalahan. Kerjakan tugas secara efektif dan agar lebih sehat, kendalikanlah stres. Kamu bisa mengambil kegiatan lain seperti meluangkan waktu bersama keluarga, olahraga, dan melakukan hobi. Pastikan kamu menjaga dirimu sendiri terlebih dahulu dan jaga keseimbangan dalam kesehatanmu.


10 Tips Jaga Kesehatan Bagi Buruh yang Lembur dan Shift Malam
(frp/up)