Jumat, 03 Mei 2019 05:53 WIB

7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!

Fithria Pratiwi - detikHealth
7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!/Foto: iStock 7 Manfaat Puasa untuk Kesehatan, Kamu Wajib Tahu!/Foto: iStock
Jakarta - Puasa ramadan yang sebentar lagi dilakukan oleh umat Muslim, ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan yang dapat kamu rasakan. Apa saja manfaatnya?

Umat Muslim akan melakukan puasa satu bulan penuh. Jutaan umat Muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala. Manfaat puasa dalam Islam juga untuk melatih ikhlas dan sabar. Ada beberapa puasa sunnah yang diajarkan dalam Islam, salah satunya puasa senin kamis.

Selain manfaat untuk mendapatkan pahala, puasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan tubuhmu. Berikut manfaat puasa yang dapat kamu rasakan untuk kesehatan:



1. Membersihkan Racun dalam Tubuh

Tubuh juga membutuhkan detoksifikasi untuk membuang racun-racun dalam tubuh. Makanan yang kita konsumsi sehari-hari mengandung beragam zat yang bisa menjadi racun dalam tubuh. Dengan penyaringan alami saja tidak cukup, harus ada upaya lain untuk membuang racun secara bersih untuk membunuh bibit-bibit penyakit. Racun-racun tersebut sebagian tersimpan dalam lemak. Pada saat puasa, pembakaran lemak akan lebih banyak dari biasanya. Hal ini yang membuat dengan berpuasa dapat membersihkan racun dalam tubuh.

2. Meremajakan Sel Kulit

Manfaat puasa juga bisa kamu rasakan untuk kecantikan. Sel-sel kulit yang telah mati perlu diganti atau yang biasa disebut peremajaan kulit. Kamu dapat melakukannya dengan berpuasa, karena berhubungan dengan metabolisme dalam tubuh yang berhenti pada saat berpuasa. Hal ini membuat sel-sel dalam tubuh dapat bekerja lebih aktif lagi termasuk sel-sel kulit.

3. Mengistirahatkan Sistem Pencernaan

Manfaat puasa selanjutnya adalah untuk pencernaan. Berpuasa akan membuat organ pencernaan tidak terlalu bekerja terlalu berat. Dalam keadaan berpuasa saluran perncernaan akan beristirahat yang biasanya bekerja untuk mencerna makanan secara terus-menerus.

4. Mengurangi Gula Darah

Saat puasa, kamu harus menahan untuk tidak makan berjam-jam dan gula darah pun akan turun. Tubuh akan merespons dengan menggunakan glukosa yang tersimpan sebelumnya dan menggunakannya sebagai energi selama berpuasa.



5. Menurunkan Berat Badan

Respons pertama tubuh pada saat puasa adalah pemecahan glukosa yang tersimpan. Jika penyimpanan glukosa habis, maka proses ketosis dimulai. Pada proses ini tubuh memecah lemak-lemak yang ada di ginjal dan otot-otot untuk digunakan sebagai sumber energi. Banyaknya lemak yang terbuang maka berat badan kamu akan turun.

6. Membantu Menahan Ngemil Makanan

Ketika berpuasa kamu memiliki kesempatan untuk beristirahat sejenak dari kebiasaan mengonsumsi makanan yang kurang baik. Sehingga hal ini mampu membantu untuk mengurangi mengemil terhadap suatu jenis makanan tertentu seperti makanan manis dan kopi. Setiap hari biasanya kamu mengonsumsi kopi di pagi hari dan memakan kue di sore harinya. Hal ini membuat kamu tidak bisa mengonsumsinya ketika berpuasa. Oleh karena itu, manfaat puasa dapat membuat kamu belajar untuk menghentikan makanan atau minuman yang biasanya selalu kamu konsumsi yang memiliki efek buruk terhadap tubuh.

7. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Dengan pola makan seimbang pada saat puasa, maka dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Berpuasa dengan mengonsumsi buah-buahan dapat meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral yang dubutuhkan tubuh. Pada saat berpuasa kamu disarankan untuk mengonsumsi buah pada saat sahur dan berbuka agar mencukupi cairan yang hilang selama puasa seharian.

Banyaknya manfaat puasa yang kamu ketahui untuk kesehatan organ tubuh. Hal ini agar membuat kamu semakin semangat menjalani puasa. Dengan melihat banyaknya manfaat berpuasa, tidak ada alasan membuat kamu untuk tidak berpuasa. Di samping untuk mendapatkan pahala, kamu juga mendapatkan tubuh yang lebih fit dan jauh dari penyakit.

Selamat menjalani ibadah puasa!


(nwy/up)