Jumat, 03 Mei 2019 20:11 WIB

Thor di 'Avengers: Endgame' Nggak Akan Sebuncit Itu Seandainya...

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Thor yang diperankan oleh Chris Hemsworth. Foto: Marvel Studios 2017 Thor yang diperankan oleh Chris Hemsworth. Foto: Marvel Studios 2017
Jakarta - Spoiler alert! Detail artikel ini mungkin akan menyinggung isi cerita, bagi yang belum menonton dipersilakan untuk tidak melanjutkan membaca.

Siapa yang kaget melihat perut buncit Thor di film Avengers: Endgame? Sebagian besar yang sudah menonton 'Avengers: Endgame' pasti tidak menyangka dengan perubahan drastis aktor tersebut dan sontak berpikir, bagaimana bisa dia melawan Thanos dengan perut buncit seperti itu?

Dalam satu adegan, Rocket dan Hulk mengunjungi Thor dan nampak kaget dengan tampilannya yang semrawut, perut membuncit dan tidak terurus. Para penonton berasumsi keadaannya bisa 'seburuk' itu karena kehilangan sosok adik, Loki, dan juga rumahnya yang hancur akibat ulah Thanos.

Jika kamu bernasib sama seperti karakter yang diperankan aktor Chris Hemsworth tersebut, mungkin kamu merasa sulit untuk mengecilkan perut yang sudah membuncit.

Dikutip dari Medical News Today, perut buncit disebabkan oleh penumpukan lemak di area perut. Lemak berlebih ini jika dibiarkan bisa berisiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Oleh karena itu, Thor nggak akan sebuncit ini seandainya...


1. Nggak makan junkfood
Kebiasaan buruk Thor yakni makan pizza dan junkfood yang berlebihan menjadi salah satu pemicu perut buncit. Jadi, diet yang sehat dan seimbang dapat membantu menurunkan berat badan dan berdampak positif pada kesehatan secara keseluruhan. Untuk 'mengempeskan' perut buncit, hindari makanan manis, berlemak, dan karbohidrat olahan yang memiliki kandungan nutrisi rendah. Sebagai gantinya, makan lebih banyak buah dan sayur, protein tanpa lemak dan karbohidrat kompleks seperti oatmeal.

2. Membatasi konsumsi alkohol
Buat kamu yang sudah menonton Avengers: Endgame, pasti tahu Thor meminum alkohol berlebihan sampai akhirnya perutnya buncit. Nah, untuk mencegahnya tentu harus dengan membatasi asupan alkohol atau berhenti meminumnya. Hal ini disebabkan minuman beralkohol kerap mengandung tambahan pemanis yang bisa menyebabkan naiknya bobot.

3. Rutin berolahraga
Kelihatannya, Thor pada film 'Avengers: Endgame' sangat berbeda dengan film sebelumnya. Apa karena Thor jarang olahraga ya? Hmm... Pola makan yang sehat dibarengi dengan rutinitas aktivitas fisik atau olahraga jadi cara cepat mengecilkan perut buncit. Misalnya dengan mengombinasikan latihan aerobik dan kekuatan (strength training), atau latihan kardiovaskuler dan high-intensity interval training (HIIT) ditambah dengan latihan resisten dan angkat beban.


4. Mandi sinar matahari pagi
Setelah menebas leher Thanos, Thor sempat mengunci diri di rumahnya dan tidak ingin dikunjungi siapapun. Sebuah kajian tahun 2016 dalam International Journal of Environmental Research and Public Health menyebutkan bahwa paparan sinar matahari pada hewan dapat membantu mengurangi naiknya bobot dan disfungsi metabolik. Para peneliti menyatakan efeknya pada manusia kurang lebih sama. Kehidupan pekerjaan di zaman modern kebanyakan menuntut kita berada di dalam ruangan terlalu lama dan mengurangi paparan sinar matahari.

5. Mengontrol stres
Siapa sih yang bisa membayangkan berada di posisi Thor saat itu? Sang adik, Loki, tewas di depan matanya dan Asgard, planet yang menjadi rumahnya hancur dalam waktu singkat. Tentu saja hal tersebut bisa menjadikannya sangat stres.

Stres atau depresi bisa menyebabkan seseorang menjadi gemuk. Depresi menjadi penyebab utama Thor menjadi gemuk, lho. Hal ini disebabkan pelepasan hormon stres kortisol mempengaruhi nafsu makan seseorang dan membuat mereka jadi banyak makan. Cara terbaik mengendalikan stres adalah dengan mempraktikkan teknik mindfulness dan meditasi, serta olahraga ringan seperti yoga.

6. Perbaiki pola tidur
Tidur sangat penting bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan dan kurang istirahat dapat berdampak cukup parah. Karena tidur bertujuan untuk mengistirahatkan, menyembuhkan dan memulihkan tubuh, namun juga cukup berpengaruh pada bobot seseorang. Tidurlah yang cukup dan berkualitas baik agar tak lagi-lagi muncul si perut buncit.

7. Setop merokok
Yah, meski Thor nggak merokok, kebiasaan ini tetap menjadi faktor risiko membuat perut lebih buncit dan beberapa masalah kesehatan serius lainnya. Jadi berhenti merokok akan berdampak sangat besar bagi kesehatan. Berhenti merokok memang tidak mudah, namun bukan berarti tidak bisa dilakukan. Banyak cara yang bisa dilakukan dan dicoba, namun banyak pakar berkata yang paling utama adalah niat dan motivasi.

(frp/up)
News Feed