Selasa, 07 Mei 2019 11:38 WIB

Bukan Soal Makanan, Ini Tips Cegah Bau Mulut Saat Puasa

Widiya Wiyanti - detikHealth
Salah satu problem utama saat puasa adalah bau napas yang tak sedap (Foto: iStock) Salah satu problem utama saat puasa adalah bau napas yang tak sedap (Foto: iStock)
Jakarta - Selama Ramadhan, umat Islam akan berpuasa menahan lapar dan haus. Tentunya bukan hanya ibadah yang kita persiapkan di bulan puasa ini, namun kesehatan dan kebugaran untuk terus kuat berpuasa sebulan penuh.

Kesehatan mulut salah satu hal yang selalu diperhatikan, karena puasa identik dengan bau mulut. Dokter spesialis gizi klinis dari RS Pondok Indah dr Juwalita Surapsari, MGizi, SpGK memberikan tips mudah untuk menghindari bau mulut selama puasa.

"Yang pertama sih hidrasi harus cukup, minum harus cukup, 2-4-2 harus benar-benar dijalanin, karena bau mulut kan juga karena mukosanya kering," ujarnya saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, baru-baru ini.



Seperti yang kita tahu bahwa kita harus minum sebanyak 8 gelas per hari. Agar kebutuhan itu terpenuhi saat puasa, maka dr Juwalita mengatakan bisa menggunakan formasi 2-4-2. Yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas saat malam yang terbagi segelas sebelum makan malam, dua gelas sehabis makan malam, dan satu gelas sebelum tidur. Dan 2 gelas saat sahur.

Sementara itu, dr Juwalita tidak mengatakan ada makanan khusus yang dapat menyebabkan bau mulut saat puasa sehingga harus dihindari mengonsumsinya.

"Kalau makanan-makanan sih sebetulnya makanan berbau tajam kayak misalnya bawang-bawangan boleh dikonsumsi sih, tapi setelah itu jangan lupa perhatikan kesehatan rongga mulut, sikat gigi yang penting," sarannya.

Simak juga videografis tentang bau mulut berikut:

[Gambas:Video 20detik]




(wdw/up)