Rabu, 08 Mei 2019 13:01 WIB

Quiz detikHealth

Waktunya Kita Kuis! Ungkap Seberapa Kuat Kamu Berpuasa Hari Ini

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Quiz: seberapa kuat kamu puasa? Foto: Ilustrasi/thinkstock Quiz: seberapa kuat kamu puasa? Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Ramadhan akhirnya datang, suka cita pun dirasakan oleh umat muslim di seluruh dunia. Kamu sedang puasa atau tidak hari ini? Harus tetap semangat ya menjalani hari walaupun rasa haus sudah menghampiri.

Ya setiap orang punya kemampuan yang berbeda-beda sih dalam seberapa kuat menjalani puasa apalagi masih awal Ramadhan 2019. Ini pun ditentukan oleh sejumlah faktor loh, termasuk momen saat sahur.

Seberapa siap kamu hari ini? Coba siapkan selembar kertas dan pulpen untuk mencatat jawaban kamu atas pertanyaan berikut.



1. Adakah kamu makan buah dan sayur saat sahur semalam?

a. Iya dong
b. Hehe nggak
c. Makan, tapi ya gitu deh asal ada

2. Adakah kamu mengonsumsi ayam, telur, daging, ikan atau tempe saat sahur?

a. Tadi sih buru-buru jadi cuma makan mie
b. Lengkap deh!
c. Iya, tapi sedikit aja

3. Sahur tadi minum kopi, teh, atau soda tidak?

a. Nyobain dikit aja
b. Wah itu harus ada!
c. Nggak, air putih aja

4. Berapa gelas air yang kamu konsumsi saat bangun tidur sahur hingga selesai santap?

a. 1 gelas aja cukup
b. 2-3 gelas
c. Nggak keburu minum, sudah keburu azan subuh

5. Apakah kamu terekspos dengan cuaca atau ruangan yang panas dalam waktu yang lama hari ini?

a. Huhu iya, cuacanya panas banget!
b. Iya, tapi kan aku pakai payung
c. Nggak sih, Alhamdulillah



Nah jawaban kamu itu ternyata memiliki skor berbeda untuk tiap soalnya. Yuk total skor yang kamu peroleh!

Jawaban

1. a. 30 b. 10 c. 20

2. a. 10 b. 30 c. 20

3. a. 20 b. 10 c. 30

4. a. 20 b. 30 c. 10

5. a. 10 b. 20 c. 30


Lemas banget nih puasa masih awal-awalLemas banget nih puasa masih awal-awal? Foto: admn

Kalau kamu memiliki skor 50 - 70... Kamu SI PULES!

Memiliki semangat yang tinggi adalah kamu banget, apalagi dalam menjalani puasa tahun ini. Yap, kamu SI PULES, 'Semangat Tinggi Puasa tapi Lemes'. Sayang banget kan, momen puasa yang bisa jadi ajang cari pahala ini kamu warnai dengan 'mager' cuma karena persiapan yang kurang.

Ayo sahurnya lebih bervariasi ya, jangan lupa konsumsi sayur, hindari kafein yang punya efek diuretik yang akhirnya bikin kamu cepat pipis dan keluar cairan banyak di pagi hari.

Semangat tinggi untuk puasa.Semangat tinggi untuk puasa. Foto: iStock


Kalau kamu memiliki skor 80 - 110... Kamu MAS TAKUR!

Kamu tahu bahwa sahur adalah komponen penting dalam berpuasa, akan tetapi kamu masih melewatkan hal-hal semisal makan sayur yang seadanya saja. Kamu lah si 'Makan Pas tapi Ada yang Kurang' alias Mas Takur. Meskipun begitu, kamu pasti bisa menyelesaikan puasa sampai azan magrib berkumandang, yakin deh serius!

Siap puasaSiap puasa Foto: shutterstock

Kalau kamu memiliki skor 120 - 150... Kamu SANG SIPUT!

'Sangat Siap Puasa Terus' adalah slogan yang sangat pas buat kamu. Kamu mengerti bahwa kekuatan berpuasa didapatkan dari asupan nutrisi yang pas dan juga kebutuhan cairan. Kamu tahu bagaimana menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Keren banget lah! (ask/fds)