Kamis, 09 Mei 2019 04:56 WIB

Begini Kondisi Jantung Saat Melihat Kemenangan Dramatis Tottenham

Widiya Wiyanti - detikHealth
Tottenham menang di menit-menit terakhir. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw Tottenham menang di menit-menit terakhir. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw
Jakarta - Laga kedua semifinal Liga Champions antara Ajax Vs Tottenham tidak kalah seru. Kemenangan dramatis Spurs di menit-menit terakhir pun membuat jantung para penonton deg-degan.

Ternyata jantung bekerja lebih berat saat menonton pertandingan olahraga, termasuk sepak bola. Hal ini ditunjukkan sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Journal of Cardiology, bahwa orang yang menonton pertandingan secara fisik dihitung sebagai latihan.

Pada penelitian tersebut melibatkan 20 suporter suatu tim dan mengenakan monitor detak jantung selama menonton pertandingan di stadion maupun di rumah. Hasilnya rata-rata denyut jantungnya meningkat sebesar 75 persen pada suporter yang menonton di rumah, sedangkan yang menonton di stadion meningkat 110 persen.



"Setara dengan berjalan cepat," kata pemimpin penelitian, Dr Paul Khairy kepada Live Science.

Meski tidak secara langsung, peningkatan denyut jantung bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, denyut jantung yang meningkat terlalu tinggi juga bisa berkontribusi terhadap risiko serangan jantung.

Sebuah penelitian lain di New England Journal of Medicine menyebut jumlah kunjungan gawar darurat di Kota Munich meningkat 2 kali lipat selama perhelatan Piala Dunia 2006. Dilaporkan, peningkatan risiko serangan jantung terjadi pada laga-laga penting alias big match.




Tonton video Selamat dari Serangan Jantung, Casillas Lanjutkan Karier?:

[Gambas:Video 20detik]


Begini Kondisi Jantung Saat Melihat Kemenangan Dramatis Tottenham
(wdw/kna)
News Feed