Kamis, 09 Mei 2019 11:16 WIB

Bisa Bikin Puasa Batal, Ini Tanda Wanita akan Segera Menstruasi

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kalau muncul beberapa tanda di bawah, siap-siap kemungkinan puasa kamu batal karena menstruasi. (Foto: iStock) Kalau muncul beberapa tanda di bawah, siap-siap kemungkinan puasa kamu batal karena menstruasi. (Foto: iStock)
Jakarta - Saat berpuasa, menstruasi bisa membuat puasa kamu batal. Nah, karena siklus menstruasi biasanya datang setiap bulan, kamu harus waspada ketika mulai muncul tanda berikut yang menandakan kamu akan segera datang bulan.

Terkadang tandanya pun tidak kamu sadari loh. Dikutip dari Mirror UK, ini dia beberapa gejala menstruasi di antaranya.


1. Sakit kepala migrain

Banyak wanita yang mengalami migrain yang cukup mengganggu ketika akan memasuki fase menstruasi. Rasa sakitnya bisa lebih parah dari kram yang dirasakan di perut.

Migrain ini diasosiasikan dengan hormon yang meregulasi siklus haid seperti estrogen dan progesteron. Menurut American Headache Society, 'migrain menstruasi' terjadi di antara dua hari sebelum mens hingga tiga hari setelahnya.

2. Perubahan buang air besar

Kebanyakan wanita akan menemukan perubahan pola buang air besar selama periode mereka. Selama beberapa hari pertama tubuh melepaskan prostaglandin kimia, yang membuat rahim berkontraksi.

Tetapi prostaglandin kadang-kadang 'menyimpang' ke usus, sehingga juga berkontraksi.

Mira Kaga, seorang dokter penyakit dalam mengatakan bahwa ini dapat menyebabkan diare bagi sebagian orang, namun ada yang hanya mengalami peningkatan pergerakan usus saja bagi sebagian lainnya.



3. Payudara sakit

Ada kemungkinan payudara menjadi lebih sakit menjelang periode menstruasi. Ginekolog Alexa Dweck mengatakan pembengkakan payudara kadang-kadang dapat terjadi selama satu minggu penuh, dan tidak jarang terjadi peningkatan ukuran bra. Ini karena meningkatnya kadar progesteron.

Dr Rebecca Brightman, seorang ginekolog di New York City, merekomendasikan untuk mengurangi konsumsi kafein, menggunakan kompres es, bantal penghangat, atau menggunakan obat penghilang rasa sakit jika sakitnya tidak tertahankan.

4. Ngidam yang manis-manis

Ketika mendekati masa menstruasi, kamu menjadi mendambakan lebih banyak makanan tinggi gula dan berlemak. Dr. Deb Laino, seorang terapis seks berlisensi di Delaware, mengatakan kadar serotonin cenderung menguras sebelum dimulainya menstruasi, dan kortisol hormon yang dilepaskan saat stres juga meningkat.

Kepada Cosmopolitan ia menjelaskan makanan manis dan berlemak cenderung memberikan serotonin.

"Hal yang sama dengan kortisol. Kortisol akan naik saat sedang stres dan kamu akan mulai menginginkan makanan asin," pungkasnya.



Tonton juga video Yakin Niat Puasamu Tulus?:

[Gambas:Video 20detik]


Bisa Bikin Puasa Batal, Ini Tanda Wanita akan Segera Menstruasi
(ask/fds)