Kamis, 09 Mei 2019 14:25 WIB

Mengenal Energy Gel, 'Menu' Buka Puasa Pemain Ajax di Liga Champions

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Makanan yang disebut dikonsumsi dua pemain Ajax saat berbuka puasa. Foto: Piroschka Van De Wouw/Reuters Makanan yang disebut dikonsumsi dua pemain Ajax saat berbuka puasa. Foto: Piroschka Van De Wouw/Reuters
Jakarta - Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech, pemain Ajax Amsterdam berkesempatan untuk buka puasa di tengah pertandingan. Di menit ke-22, keduanya melimpir ke pinggir lapangan untuk minum dan mengonsumsi sesuatu dalam bentuk sachet.

Dikutip dari The Sun, Kamis (9/5/2019), Mazraoui dan Ziyech disebut mengonsumsi food gel dalam bentuk sachet. Sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan energy gel itu?

Menurut Ahli Gizi Cleveland Clinic Katherine Patton, MEd, RD, CSSD, LD, gel energi adalah gel kaya karbohidrat yang memuat energi untuk berolahraga. Makanan ini digunakan oleh orang dewasa dan terbuat dari campuran gula, paling sering maltodekstrin dan fruktosa.

"Kebanyakan gel energi tidak memiliki lemak, serat atau protein, sehingga tubuhmu mencernanya dengan cepat," jelas Patton dikutip dari Cleveland Clinic.


Pelari, perenang, pengendara sepeda atau siapa saja yang berolahraga selama lebih dari 60 menit adalah mereka yang direkomendasikan untuk mengonsumsi gel energi. Ini dikarenakan saat seseorang berolahraga, tubuh memanfaatkan karbohidrat yang tersimpan di otot, namun jumlah yang tersedia terbatas.

"Penelitian menunjukkan mengonsumsi karbohidrat selama latihan yang berlangsung lebih dari satu jam meningkatkan respons metabolik dan kinerja atletik serta mencegah penipisan glikogen," lanjutnya.

American College of Sports Medicine merekomendasikan untuk mengonsumsi 30 gram hingga 60 gram karbohidrat per jam berolahraga. Sebagian besar gel energi mengemas 23 gram hingga 27 gram karbohidrat sementara 8 ons minuman olahraga menyediakan 14 gram karbohidrat.

Gel energi juga mudah dikonsumsi dan merupakan sumber karbohidrat yang mudah dicerna yang dapat membantu mempertahankan energi dan mencegah kelelahan selama latihan yang intens atau berkepanjangan.

Meski begitu, Patton menuturkan bahwa mengonsumsi gel energi ada baiknya dibarengi dengan segelas air.

"Gel energi mengandung jumlah gula yang terkonsentrasi, jadi meminumnya terlalu cepat dapat menyebabkan sakit perut. Untuk mencegahnya, 'bilas' gel energi yang kamu makan dengan seteguk air," pungkas ia.


Mengenal Energy Gel, 'Menu' Buka Puasa Pemain Ajax di Liga Champions
(ask/up)
News Feed