Jumat, 10 Mei 2019 04:14 WIB

Mengenal Operasi Arthroscopy yang Akan Dijalani Luis Suarez

Widiya Wiyanti - detikHealth
Luis Suarez akan menjalani operasi arthroscopic. Foto: Marcelo del Pozo/Reuters Luis Suarez akan menjalani operasi arthroscopic. Foto: Marcelo del Pozo/Reuters
Jakarta - Luis Suarez akan absen dalam beberapa laga di sisa musim ini karena menjalani operasi untuk mengatasi cedera pada lutut kanannya. Barcelona menyatakan Suarez menjalani operasi pada Kamis (9/5/2019) ini.

"Pemain tim utama, Luis Suarez, mengalami cedera medial meniskus pada lutut kanannya dan ahli bedah, Dr Cugat, akan melakukan operasi arthroscopic pada pemain Uruguay tersebut di bawah pengawasan staf medis klub," ungkap pernyataan resmi Barcelona dikutip dari detikSport.

Dikutip dari WebMD, arthroscopic adalah prosedur bedah yang digunakan untuk melihat, mediagnosa, dan mengobati masalah yang ada di dalam persendian. Paling sering terjadi di sendi pada lutut, bahu, siku, pergelangan kaki, pinggul, atau pergelangan tangan.



Pada operasi arthroscopic, dokter akan memasukkan alat khusus seperti pensil tipis melalui sayatan kecil. Alat yang disebut arthroscope itu memiliki lensa kamera dan lampu dengan ukuran mikro yang berguna melihat ke dalam sendi.

Dokter bedah akan mengisi sendi dengan cairan steril untuk memperlebar agar mudah terlihat oleh lensa kamera. Gambar akan tersambung pada layar dan dokter dapat memutuskan langkah selanjutnya seperti apa, bisa jadi operasi bedah lanjutan.

Selain untuk menangani cedera, operasi arthroscopic juga dilakukan pada orang tua dengan kondisi degeneratif seperti osteoartritis yang melibatkan keausan meniskus pada lutut.


Mengenal Operasi Arthroscopy yang Akan Dijalani Luis Suarez
(wdw/up)
News Feed