Jumat, 10 Mei 2019 16:29 WIB

Kurma Dibuat Air Nabeez Vs Makan Langsung, Mana yang Lebih Baik?

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kurma yang baik dikonsumsi saat puasa. Foto: admin Kurma yang baik dikonsumsi saat puasa. Foto: admin
Jakarta - Makan kurma menjadi salah satu tradisi dalam puasa Ramadhan. Konsumsi kurma tak hanya dengan langsung dimakan, tapi juga direndam dalam air menjadi infused water.

Air rendaman atau infused water berbahan kurma biasa disebut air nabeez. Menurut ustaz dr Zaidul Akbar, kurma yang dimakan langsung atau melalui infused water sama-sama memberi manfaat bagi tubuh.

"Infused water bertujuan menjaga kecukupan cairan sambil memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Selain itu, nutrisi pada kurma lebih mudah diserah tubuh dengan merendamnya terlebih dulu. Tentu tidak ada masalah jika mau dimakan langsung," kata dr Zaidul pada detikHealth.


Kurma yang direndam dalam air nabeez pada akhirnya juga akan dimakan dengan tekstur yang menjadi lebih lembut. Sama seperti saat konsumsi langsung, biji kurma yang biasanya ikut dalam air nabeez jangan ikut dimakan.

Manfaat kurma untuk melengkapi kebutuhan harian dan menjaga kesehatan telah banyak diketahui umum. Menurut dr Zaidul, konsumsi 7 butir kurma pada pagi hari sebaiknya berlanjut selepas Ramadhan.

(up/up)
News Feed