Sabtu, 11 Mei 2019 12:00 WIB

Berpuasa Jangan Jadi Alasan Kamu Absen Berolahraga

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Tubuh tetap perlu bergerak meski puasa. (Foto: ilustrasi/thinkstock) Tubuh tetap perlu bergerak meski puasa. (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta - Sepertinya banyak nih Healthy Friends yang absen olahraga ketika puasa. Alasannya ya lemas lah, nanti haus, capek, pokoknya banyak deh. Padahal kan tubuh tetap perlu bergerak bahkan ketika berpuasa.

Dirjen Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan, Kartini Rustandi, titip pesan, jangan jadikan puasa alasan kamu tidak olahraga. Dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang akan membuat seseorang menjadi senang.

"Jangan yang langsung angkat beban, ya nggak bisa. Kita juga harus bisa melihat kemampuan diri. Intensitasnya ya jangan yang berat-berat, sedang-sedang aja," katanya kepada detikHealth, Jumat (10/5/2019).



Pilihan jenis olahraga pun beragam, seperti jogging, bersepeda, berenang, aerobik, bahkan sekedar jalan santai. Saat berpuasa, kamu bisa olahraga setelah sahur atau menjelang berbuka.

Disarankan sih olahraga menjelang berbuka. Jadi, nggak perlu menunggu terlalu lama untuk segera menghilangkan dahaga saat rasa haus melanda. Tapi tetap ingat, tubuh jangan dipaksa untuk meneruskan jika sudah lelah.

"Kemudian jangan lupa, nutrisi dari makanan itu penting. Kalau memang kita mau berolahraga, berarti pada waktu sahur atau berbuka harus ada karbohidrat. Minum cukup," pungkasnya.

(kna/up)
News Feed