Senin, 13 Mei 2019 15:01 WIB

Untuk Jaga Kesehatan Rongga Mulut, Berapa Kali Bersiwak dalam Sehari?

Widiya Wiyanti - detikHealth
Siwak digunakan sesering mungkin. Foto: iStock Siwak digunakan sesering mungkin. Foto: iStock
Jakarta - Rasulullah menyunahkan siwak untuk membersihkan rongga mulut. Hingga kini banyak penelitian yang menunjukkan bahwa bersiwak dapat mendatangkan manfaat untuk kesehatan gigi, gusi, dan mulut.

Jika menyikat gigi dianjurkan sebanyak dua kali dalam sehari, bagaimana dengan bersiwak? Menurut ustaz yang juga seorang dokter dr Zaidul Akbar, bersiwak bisa dilakukan sesering mungkin.

Hal tersebut mengacu pada beberapa hadits, salah satunya dari Abu Huroiroh radhiyallahu 'anhu, beliau berkata bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

"Seandainya tidak memberatkan umatku, sungguh aku akan memerintahkan mereka bersiwak setiap kali berwudhu." (HR. Bukhari)



Selain setelah berwudhu, Rasulullah juga bersiwak setiap kali akan sholat, membaca Al-Qur'an, memasuki rumah, dan ketika bangun untuk sholat malam.

"Tidak ada orang yang kena karies gigi atau mulutnya bau kalau melakukan sunah Nabi. Ya sesering mungkin," ungkap dr Zaidul.

Siwak merupakan ranting atau akar pohon Salvadora persica yang mengandung berbagai bahan alami bermanfaat, seperti klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, silika, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, tannins dan beberapa mineral lainnya.

(wdw/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya