Rabu, 15 Mei 2019 08:55 WIB

Idap Skizofrenia, Pria Ini Kecanduan Makan Paku

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang pria kecanduan makan paku karena idap skizofrenia. Foto: thinkstock Seorang pria kecanduan makan paku karena idap skizofrenia. Foto: thinkstock
Jakarta - Tidak habis pikir awalnya bagaimana Bhola Shanka, pria asal Bundi di negara bagian Rajasthan, India bisa memakan paku yang jumlahnya tidak sedikit.

Bhola dibawa ke rumah sakit dan dokter melakukan pemeriksaan X-ray pada tubuhnya. Ternyata ditemukan benda asing berada di dalam perut pria berusia 43 tahun itu.

dr Anil Saini, yang memimpin tim dokter pun segera melakukan operasi dan mengatakan bahwa kasus ini merupakan kasus pertama yang terjadi di Rajasthan. Operasi dilakukan untuk mengeluarkan benda-benda asing dari perut Bhola.

Setidaknya ada 116 paku dengan panjang sekitar 5 cm ditemukan di perut Bhola. Entah bagaimana bisa paku-paku tersebut tidak menembus perutnya. Bhola juga ternyata memakan kawat namun sudah menghilang dalam perutnya.



"Dia beruntung benda tajam itu tidak menusuk organnya atau itu bisa berakibat fatal," ungkap dr Anil dikutip dari Daily Mail.

Kebiasaan makan benda asing seperti itu ternyata dipengaruhi oleh kondisi psikologis Bhola. Ia diduga mengidap skizofrenia, penyakit mental kronis yang menyebabkan gangguan proses berpikir. Adiknya mengatakan bahwa dalam 2,5 dekade terakhir, Bhola telah mengonsumsi obat untuk penyakit mental.

Meskipun operasinya cukup panjang, kini Bhola telah pulih dengan baik. Kasus ini pun mengingatkan pada kasus sebelumnya, yakni pada tahun 2017, ahli bedah mengambil 639 paku dari perut pria pengidap skizofrenia dari India juga.

(wdw/up)
News Feed