Kamis, 16 Mei 2019 12:52 WIB

Ini Lho 3 Olahraga Favorit Rasulullah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Memanah salah satu olahraga favorit Rasulullah SAW. Foto: (Mohammad Dedy/dTraveler) Memanah salah satu olahraga favorit Rasulullah SAW. Foto: (Mohammad Dedy/d'Traveler)
Jakarta - Dalam beberapa riwayat hadits, Rasulullah SAW sempat menyebut 3 olahraga yang dianjurkan dan menjadi kegemaran Beliau, di antaranya berlatih memanah, berkuda, dan berenang.

Hal ini jelas menyatakan bahwa Islam memiliki perhatian khusus bagi aktivitas fisik dan kesehatan umatnya. Tentu bukan hanya muslim, tapi kaum non muslim juga bisa mendapatkan manfaat dengan berlatih olahraga ini.

Kepada detikHealth, Dokter Timnas Sepakbola Wanita Indonesia ASIAN GAMES 2018, dr. Grace Joselini menjabarkan manfaat dari ketiga olahraga tersebut yang terangkum di bawah ini:


1. Memanah

Memanah adalah jenis olahraga kuno yang digunakan para prajurit untuk meningkatkan keterampilan mereka khususnya dalam perang. Olahraga ini membutuhkan perhatian fisik dan mental sehingga akan membantu memeliharan keduanya.

"Kalau memanah itu kan dia lebih ke fokus dan melatih otot-otot walaupun kelihatannya cuman berdiri tapi kaki harus ototnya kuat, otot perutnya juga. Jadi semua stabilisasi keseimbangan sangat dilatih juga," ucapnya.


2. Berkuda

Dilansir dari lifeinsaudiarabia, Nabi Muhammad SAW pernah disebutkan berpartisipasi dalam pelatihan berkuda untuk meningkatkan kekuatan otot-ototnya.

"Berkuda mungkin seperti bersepeda tapi jauh lebih menantang ya karena goyang-goyang. Nah itu selain melatih untuk mengontrol apapun yang dipegang, keseimbangan juga perlu dilatih. Kemudian butuh daya tahan pada saat berkuda.," kata wanita yang lebih akrab disapa dr Grace ini.

3. Berenang

Seperti yang sudah kita ketahui, berenang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Selain menjaga pernapasan, renang membantu meninggikan badan, bahkan menyehatkan jantung

"Renang itu adalah kardio murni. menggunakan otot tapi jangan heboh ya renangnya. renang termasuk olahraga yang tingkatannya sedang ke tinggi," pungkasnya.

(kna/up)