Kamis, 16 Mei 2019 13:30 WIB

Kena Dermatitis Atopik Sampai Luka, Bagaimana Supaya Cepat Sembuh?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kulit meradang merah hingga luka pada bayi bisa jadi karena dermatitis atopik. (Foto: Thinkstock) Kulit meradang merah hingga luka pada bayi bisa jadi karena dermatitis atopik. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Kondisi dermatitis atopik atau eksem belakangan viral di media sosial setelah seorang ayah bercerita tentang bayinya yang luka-luka di pipi. Disebutkan bahwa sang bayi terkena dermatitis atopik karena sering dicubit-cubit saat kondangan.

Menanggapi hal tersebut dr I Gusti Nyoman Darma Putra, SpKK, dari D&I Skin Centre Bali menjelaskan dermatitis atopik bisa terjadi pada orang dengan bakat alergi. Zat-zat tertentu seperti pewangi, alkohol, hingga antiseptik dapat jadi pemicunya.


"Kalau itu dipegang bisa reaksi kulit kemerahan, gatal, ngelupas kering-kering" kata dr Darma kepada detikHealth dan ditulis Kamis (16/5/2019).

Bila seseorang sudah terkena dermatitis atopik maka menurut dr Darma penanganannya agar cepat sembuh akan tergantung dari tingkat keparahan luka. Apakah dermatitis atopik menimbulkan kulit melepuh basah berair atau kemerahan kering.

"Kalau muncul reaksi basah melepuh itu dia perlu dikompres pakai cairan infus. Ditempelin berulang itu bisa menguras cairan," kata dr Darma.

"Tapi kalau reaksi eksem kering kemerahan kadang memerlukan obat khusus ada steroid obat anti radang untuk menormalkan reaksi eksem itu," pungkasnya.

(fds/up)