Jumat, 17 Mei 2019 04:41 WIB

Saran Dokter Bagi yang Suka Cubit-cubit Pipi Bayi

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kisah viral tentang anak yang terkenal dermatitis atopik gara-gara pipinya dicubiti banyak orang (Foto: tangkapan layar) Kisah viral tentang anak yang terkenal dermatitis atopik gara-gara pipinya dicubiti banyak orang (Foto: tangkapan layar)
Jakarta - Kisah bocah yang viral karena terserang alergi setelah disentuh dan dipegang oleh banyak orang menjadi perhatian netizen. Terlelepas dari pro dan kontranya, bayi memang masih sensitif sehingga butuh penanganan lebih saat mengasuh.

Terkadang kita juga sering nggak sadar menyentuh bayi karena wajah mereka yang menggemaskan. Tentu nggak masalah, jika orangtuanya mengizinkan. Meski demikian, kamu tetap harus memperhatikan hal berikut sebelum menyentuh bayi.

"Cuci tangan dong, kalau mau pegang bayi harus cuci tangan dulu," kata spesialis kulit dan kelamin dari Klinik Pramudia, dr Wresti Indriatmi, SpKK, MEpid, kepada detikHealth, Kamis (16/5/2019).



Banyak juga yang menggunakan tisu basah untuk membersihkan tangan mereka. Kata dr Wresti, penggunaan tisu badah sebenarnya tidak masalah tetapi lebih dianjurkan untuk memakai antiseptik.

"Tapi kalau bisa jangan pakai tisu basah, baiknya pakai hand scrub yang antiseptik semprot. Itu nggak apa-apa kalau nggak ada air. Cukup bisa menolong dan bisa mencegah infeksi," pungkasnya.




Simak Juga 'Tips Kurangi Rewel Bayi dengan Pijatan Lembut':

[Gambas:Video 20detik]

(up/up)
News Feed