Sabtu, 18 Mei 2019 16:05 WIB

Mengapa Rencana Bukber Selalu Bikin Antusias? Begini Penjelasan Psikolog

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Begini penjelasan psikolog mengapa bahas agenda bukber selalu terasa menyenangkan. Foto: internet Begini penjelasan psikolog mengapa bahas agenda bukber selalu terasa menyenangkan. Foto: internet
Jakarta - Mau hadir atau nggak, soal merencanakan acara buka puasa bersama alias bukber selalu terasa menyenangkan. Mengapa sih kalau ngomongin bukber mendadak semua anggota grup bahkan yang silent reader juga ikutan nongol?

Bukber bermanfaat untuk bersilaturahmi, berbagi satu sama lain, serta berbagi momen dan perasaan menyenangkan saat berbuka puasa dengan keluarga atau teman terdekat. Terkadang ini juga sering jadi acara reuni dengan teman-teman lama juga, menurut penjelasan dari ahli psikologi terapan Personal Growth, Ghianina Yasira Armand, BSc Psychology, MSc Child Development.

"Selalu menarik dan menyenangkan karena berbeda dari acara-acara ketemuan yang lain dan momen-nya hanya terjadi sebulan dalam setahun, jadi selalu terasa lebih menggembirakan dibanding acara ketemu biasa," jelas Ghianina.


Supaya momen bukber tidak jadi wacana forever, Ghianina menyarankan untuk membuat acara yang kreatif memang mencerminkan suasananya yang menyenangkan ketika Ramadhan tiba.

"Bikin acaranya yang sedikit berbeda dari a typical dinner (makan malam yang biasanya). Misalnya di tempat yang memiliki nuansa ramadhan, atau bisa juga pilihan makanan yang unik seperti liwetan atau makanan arab, dan yang pasti tentukan dress code! Contohnya pakai kaftan, atau batik yang benar-benar embrace the ramadhan vibe (membuat suasana perayaan Ramadhan semakin terasa)," tandasnya.

(ask/wdw)