Minggu, 19 Mei 2019 02:36 WIB

Tepatkah Sahur Cuma Minum Air Putih Dijadikan Strategi Diet?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kenali hal yang bisa terjadi pada tubuh saat sahur hanya dengan minum air putih. (Foto: iStock) Kenali hal yang bisa terjadi pada tubuh saat sahur hanya dengan minum air putih. (Foto: iStock)
Jakarta - Artis Olla Ramlan mengaku selama Ramadhan 2019 berat tubuhnya sudah berkurang sekitar 2 kilogram (kg). Hal tersebut menurut Olla berkat kebiasaan diet sahur hanya dengan minum air putih.

"Kalau sahur minum air putih doang, enggak makan," kata Olla saat ditemui wartawan.

Terkait hal tersebut karena alasan diet atau mungkin telat bangun beberapa orang mungkin saja tidak bisa sahur dengan normal sehingga menjalankan ibadah puasa hanya dengan bekal minum air putih. Kira-kira hal apa saja yang akan terjadi pada tubuh?


Dijelaskan oleh ahli bila seseorang sahur hanya dengan air putih maka dampak langsung yang paling akan terasa adalah rasa lemas akibat gula darah rendah. Namun demikian tubuh juga tidak begitu lemah karena masih ada cadangan energi dalam bentuk lemak.

Menurut dr Razeen Mahroof dari University of Oxford setelah delapan jam berpuasa tubuh akan mencari sumber gula darah dengan memecah lemak. Hal ini mungkin malah akan bermanfaat bagi mereka yang memiiki kondisi kegemukan.

Namun demikian bila jadi kebiasaan, sahur dengan air putih juga bisa menyimpan risiko. Ketika kita memulai puasa dengan perut kosong maka ada risiko untuk tubuh memproduksi asam lambung berlebih.

Nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, menyarankan kalau memang tidak bisa makan 'berat' saat sahur, ganti menu porsi kecil namun bernutrisi. Sebagai contoh roti sandwich, bubur gandum, atau milkshake.

"Sehingga semua komponen penting didapat namun volume tidak terlalu besar, pun mudah diolah/dikunyah ataupun disiapkan di pagi hari," kata Leona beberapa waktu lalu.




Simak Juga 'Kenali Ciri-ciri Kurang Air Putih':

[Gambas:Video 20detik]

Tepatkah Sahur Cuma Minum Air Putih Dijadikan Strategi Diet?
(fds/up)
News Feed