Senin, 20 Mei 2019 09:13 WIB

Cek 4 Bagian Tubuh Ini untuk Memastikan Kondisi Kesehatanmu

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Kondisi kesehatan dilihat dari fisik. Foto: Thinkstock Kondisi kesehatan dilihat dari fisik. Foto: Thinkstock
Jakarta - Kondisi kesehatan seseorang bisa terpancarkan melalui beberapa hal misalnya lidah, kuku, atau dari mata. Ketika tengah berpuasa, coba perhatikan empat bagian tubuh berikut ini untuk memastikan kamu dalam kondisi yang fit.

Dirangkum oleh detikHealth, segera evaluasi pola makan atau mungkin bisa jadi waktu istirahatmu selama menjalankan ibadah di bulan Ramadhan ini. Hayo, mau lebaran dalam kondisi tubuh yang fit kan?



1. Lidah

Dikutip dari Shape, lidah yang berwarna pink terang atau merah muda diketahui sebagai warna normal. Warna ini menunjukkan bahwa kamu memiliki tubuh yang sehat. Namun bila berwarna pucat, bisa jadi tanda kamu mengalami kekurangan darah atau kekurangan energi sehingga merasa mudah lelah dan napas sesak.

Jarang terjadi namun ada orang dengan lidah berwarna ungu yang mana menandakan indikasi aliran darah yang tidak lancar atau demam.

Warna merah pada lidah menandakan panas tubuh yang melonjak. Kamu mungkin merasa demam, gelisah dan cenderung ingin minum minuman dingin. Gejala lainnya bisa berupa tenggorokan kering dan nadi berdenyut cepat.

Sementara apabila kamu memiliki lidah berwarna merah tua, itu mengindikasikan adanya panas internal. Gejalanya bisa meliputi demam, konstipasi, mulut kering, denyut nadi yang kuat dan cepat, serta berkeringat di malam hari.

2. Kuku

Warna kuku pucat bisa jadi mengindikasikan seseorang mengalami anemia, kurang gizi, penyakit gagal jantung, dan penyakit hati. Sementara itu, bisa kamu mengalami kuku kering, retak, dan rapuh Kondisi kuku biasanya terkait dengan infeksi jamur atau penyakit tiroid, namun juga dapat mengungkapkan kekurangan vitamin A, B atau C.


3. Rambut

Terlalu banyak makan junk food membuat rambut rentan rapuh dan terlihat kusam. Pakar mengatakan rambut yang rapuh dan terlihat kusam menandakan kondisi kurangnya asupan nutrisi dan zat-zat bergizi.

Selain itu, rambut mudah patah menandakan adanya mutasi keratin, yakni zat yang berperan penting dalam pembentukan enamel gigi. Kekurangan keratin juga membuat gigi menjadi tempat yang disenangi bakteri untuk tinggal. Apabila rambut rontok, ini bisa disebabkan banyak hal. Penyebab paling umum adalah stres atau masalah psikologis lainnya.

4. Kantung mata

Area bawah mata kita bisa terisi oleh cairan yang membuatnya bengkak. Hal ini dapat terjadi karena cuaca yang panas dan lembab membuat tubuh menahan lebih banyak air.

Kurang tidur, makan terlalu banyak garam dan perubahan hormon juga bisa menyebabkannya. Usia bisa memengaruhi karena melemahnya otot di bagian tersebut. Jika disertai kemerahan dan gatal, bisa jadi gejala alergi.
(ask/frp)
News Feed