Selasa, 21 Mei 2019 07:48 WIB

Hasil Pilpres Ditetapkan, TKN-BPN Berpelukan! Ini Manfaatnya bagi Kesehatan

Aisyah Kamaliah - detikHealth
TKN dan BPN saling berpelukan usai penetapan pilpres. Foto: Rachman Haryanto TKN dan BPN saling berpelukan usai penetapan pilpres. Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga saling berpelukan usai Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan hasil pilpres 2019.

Pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin ditetapkan menjadi pemenang Pilpres 2019 dengan perolehan suara sebesar meraih total suara 85.607.362 (55,50 persen) sementara Prabowo-Sandiaga memperoleh suara 68.650.239 (44,50 persen).


Hal ini pun membuat warganet merasa senang dengan momen tersebut dan menuliskan komentar.

"Nah ni kan adem di liatnya, saling menghargai," tulis salah seorang netizen.

Dikutip dari Health Line, berpelukan pun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan loh. Apa saja manfaat yang diberikan? Simak selengkapnya di bawah ini:

1. Pelukan mengurangi stres

Ketika seorang teman atau anggota keluarga berurusan dengan sesuatu yang menyakitkan atau tidak menyenangkan dalam hidup mereka, beri mereka pelukan. Hal ini bisa memancarkan dukungan yang kamu berikan terhadapnya.

Para ilmuwan mengatakan memberikan dukungan kepada orang lain melalui sentuhan tak hanya dapat mengurangi stres untuk orang yang dihibur, tapi juga untuk orang mencoba menghiburnya.

2. Kemungkinan meningkatkan kesehatan jantung

Memeluk bisa baik untuk kesehatan jantung. Dalam satu sebuah studi yang dipublikasikan di The National Center for Biotechnology Information, sejumlah peneliti membagi sekitar 200 orang dewasa menjadi dua kelompok. Satu kelompok memiliki pasangan romantis yang berpegangan tangan selama 10 menit diikuti oleh pelukan 20 detik satu sama lain. Sementara itu, kelompok lain memiliki pasangan romantis yang duduk diam selama 10 menit dan 20 detik.

Orang-orang pada kelompok pertama menunjukkan penurunan lebih besar dalam tingkat tekanan darah dan detak jantung dibandingkan kelompok kedua.


3. Bisa lebih bahagia

Oksitosin adalah zat kimia dalam tubuh kita yang kerap disebut sebagai 'hormon pelukan' oleh banyak ilmuwan. Ini karena kadar hormon tersebut meningkat ketika kita berpelukan, menyentuh, atau duduk berdekatan dengan orang lain. Oksitosin dikaitkan dengan kebahagiaan dan lebih sedikit stres.

4. Membantu mengurangi rasa takut

Para ilmuwan menemukan sentuhan dapat mengurangi kecemasan pada orang dengan kepercayaan diri yang rendah. Sentuhan juga dapat mencegah orang untuk mengisolasi diri ketika diingatkan tentang kematian mereka.

Bahkan dalam penelitian tersebut ditemukan fakta lain yang unik, menyentuh benda mati (dalam hal ini boneka beruang) juga membantu mengurangi ketakutan orang-orang mengenai kehidupan mereka di dunia.

(ask/up)
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya