Rabu, 22 Mei 2019 11:33 WIB

Pertolongan Pertama Terkena Gas Air Mata

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ketika terkena efek gas air mata, ini pertolongan pertamanya. Foto: Rifkianto Nugroho Ketika terkena efek gas air mata, ini pertolongan pertamanya. Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Kerusuhan massa di Jakarta diwarnai juga dengan lemparan gas air mata dari petugas keamanan. Diakibatkan ricuh yang terjadi, bukan cuma polisi dan TNI yang ikut turun tangan, namun sejumlah ormas memakai sorban juga membantu untuk meredakan emosi massa.

Misalnya kamu kena gas air mata, serius deh rasanya bakalan panas dan pedih banget! Rasa terbakar pada mata terjadi karena iritasi yang terjadi dari tembakan gas tersebut.

Lantas apa yang harus dilakukan ketika kamu terkena gas air mata? Dikutip dari After Math, berikut ini langkah-langkahnya.


1. Keluar dari kerumunan

Secepat mungkin dan setenang yang kamu bisa, jauhi area yang terkena gas air mata. Udara segar akan membantu mengeluarkan bubuk gas air mata dan mencegahnya agar tidak kembali ke mulut atau ke mata.

2. Bilas air

Bilas mata dengan air dingin atau air saline. Saat memembilas mata, lakukan dari dalam ke luar, jangan biarkan air yang terkontaminasi mengalir ke kulit atau pakaian.

3. Mandi segera

Bilas pakaian dan tubuh dengan air dingin, jangan gunakan air panas. Menggunakan air panas akan membuka pori-pori dan memungkinkan bahan kimia meresap lebih jauh, yang mengakibatkan iritasi kulit lebih parah. Namun jangan berendam karena air yang ada tentu telah terkontaminasi dengan bahan kimia yang lepas dari badan.

Proses netralisir efek dari paparan gas air mata bersifat sementara. Perlu dipahami efek gas di tempat kejadian dapat bertahan lama jika tidak dinetralkan dengan benar. Karena itu, jangan ragu untuk segera mengunjungi ahli atau dokter apabila mengalami keluhan yang tak kunjung berhenti.

(ask/up)
News Feed