Jumat, 24 Mei 2019 07:32 WIB

Bra Terlalu Ketat Disebut Jadi Penyebab Munculnya Kista di Payudara

Firdaus Anwar - detikHealth
Seorang wanita dari Inggris menjalani operasi kista yang membuat payudaranya bolong. Sang wanita menduga penyebab kista muncul karena kebiasannya memakai bra terlalu ketat. Foto: Dok. iStock Seorang wanita dari Inggris menjalani operasi kista yang membuat payudaranya bolong. Sang wanita menduga penyebab kista muncul karena kebiasannya memakai bra terlalu ketat. Foto: Dok. iStock
Jakarta - Lynne McConnell dari Brighton, Inggris, pertama kali membeli bra berkawat pada tahun 2003 lalu yang ukurannya sudah dipaskan oleh penjaga toko. Lynne sempat beberapa kali komplain ke toko kalau ukuran branya terlalu ketat namun ia selalu mendapat jawaban memang sudah seperti itu desainnya.

"Rasanya terlalu ketat. Saya selalu mengatakan bra itu terlalu ketat tetapi mereka bilang memang sudah seperti itu seharusnya. Rasanya tidak nyaman tetapi pada akhirnya saya menuruti kata mereka," ungkap Lynne seperti dikutip dari Fox News, Jumat (24/5/2019).

Hingga pada Juni 2018 Lynne merasa ada benjolan keras tumbuh tepat di tengah payudara. Ketika diperika benjolan tersebut ternyata kista yang pada awalnya hanya sebesar biji kacang namun lama-lama membesar hingga menyebabkan rasa sakit sehingga harus dibuang lewat operasi.

Kista sendiri adalah tumor di dalam tubuh dengan bentuk seperti kapsul dan biasanya berisi cairan. Kista pada dasarnya muncul karena terbentuk benjolan yang berasal dari sel kelenjar.


Usai operasi pengangkatan kista bagian tengah dada Lynne bolong dengan luka bekas kista selebar sekitar 5 sentimeter. Butuh tiga bulan untuk luka tersebut bisa sembuh dan selama itu juga Lynne mengaku kehilangan percaya dirinya.

Menurut Lynne dokter memberitahu kemungkinan kista tumbuh karena bra yang ia pakai memberi tekanan dan menyumbat kelenjar di bawah kulit. Lynne sengaja membagikan kisahnya agar tidak ada wanita lain mengalami hal serupa.

"Jelas ada sesuatu yang salah dan yang saya inginkan orang-orang belajar dari apa yang telah terjadi. Saya tidak ingin orang lain mengalami hal yang sama. Kejadian ini sangat mempengaruhi kepercayaan diri saya untuk waktu yang lama," pungkas Lynne.

Adil Sheraz dari British Skin Foundation mengkonfirmasi bahwa memang pakaian yang terlalu ketat bisa memicu timbulnya kista.

(fds/up)
News Feed