Jumat, 24 Mei 2019 13:37 WIB

Kaki Kiri Pria Ini Lumpuh Permanen Setelah Digigit Cacing Api

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi cacing parasit. (Foto: Thinkstock) Ilustrasi cacing parasit. (Foto: Thinkstock)
Jakarta - Seorang pria berusia 36 tahun harus rela kakinya lumpuh permanen setelah seekor cacing api jenis Chloeia Flava menggigit kakinya di Pulau Pangkor, Perak, Malaysia.

Dikutip dari World of Buzz, pria yang bernama Mohd Fadzil Mohd Yunus dilaporkan tergigit cacing api ketika dia bekerja sebagai pemandu wisata di Pulau Pangkor, Desember 2017 silam.

Awalnya, kakinya terasa sakit dan gatal tapi dia mengabaikannya karena mengira itu adalah hal biasa. Namun kakinya mulai mengalami pembengkakan setelah dua bulan.

Pria yang akrab disapa Firdaus ini mengira ia terkena encok, jadi dia meminta perawatan untuk suntikan penghilang rasa sakit.



"Saya dirujuk ke Hospital Seri Manjung untuk perawatan lanjutan dan saya dirawat di sana selama sebulan. Kasus saya kemudian dirujuk ke Hospital Angkatan Tentera, Lumut. Sayangnya, kaki kiri saya menjadi lebih buruk dan tidak ada peluang untuk sembuh," ungkapnya.

Karenanya, ia meminta untuk kembali ke rumah dan menerima rawat jalan dari salah satu rumah sakit. Lebih lanjut, Firdaus mengatakan telah menjalani berbagai operasi namun kaki kirinya tetap tidak bisa disembuhkan.

Bertahun berlalu, kini Firdaus harus menghadapi kenyataan yang ada. Sebab itu, perlu diingat untuk mencari perawatan medis ketika disengat oleh hewan sejenis cacing api karena mereka terbukti sangat berbahaya.

(kna/fds)