Minggu, 26 Mei 2019 12:15 WIB

4 Kemungkinan Penyebab Perut Mulas Sehabis Minum Kopi

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Beberapa orang mengeluh perutnya mulas sehabis minum kopi (Foto: thinkstock) Beberapa orang mengeluh perutnya mulas sehabis minum kopi (Foto: thinkstock)
Jakarta - Jantung berdebar bukan satu-satunya keluhan seusai minum kopi. Beberapa orang juga mengeluh perutnya mulas sehabis menyeruput minuman tersebut.

Ada banyak kemungkinan penyebab perut mulas seusai minum kopi. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa di antaranya.



1. Efek kafein
Diketahui, kafein dalam kopi memiliki efek stimulansia atau pembangkit energi. Termasuk bagi usus, kafein diyakini juga bisa merangsang pergerakan yang lebih cepat. Kontraksi usus yang lebih intens mendorong kotoran sehingga rasa ingin buang air besar makin tidak tertahankan.

2. Membunuh bakteri usus
Riset pada tikus mengkonfirmasi bahwa kafein bukan satu-satunya penyebab perut mulas. Faktanya, efek buang air besar sehabis minum kopi juga terjadi pada tikus-tikus yang diberi kopi tanpa kafein alias decaffeinated. Diyakini berhubungan dengan efek kandungan kopi terhadap biota usus.



3. Faktor hormon
Kandungan tertentu dalam kopi juga berpengaruh pada sistem hormonal. Salah satu hormon yang meningkat kadarnya sehabis minum kopi adalah gastrin, yang efeknya sama seperti kafein yakni merangsang pergerakan usus.

4. Susu
Ada kalanya, bukan kopi yang menyebabkan perut mulas, melainkan kandungan lain yang ditambahkan dalam kopi. Salah satunya adalah susu, yang kandungan laktoasnya bagi banyak orang memang sangat berpengaruh pada sistem pencernaan.



Simak Juga 'Kopi Bisa Sembuhkan Flu, Hoax atau Fakta Ya?':

[Gambas:Video 20detik]

4 Kemungkinan Penyebab Perut Mulas Sehabis Minum Kopi


(up/up)