Senin, 27 Mei 2019 03:41 WIB

Pesan Menkes Jika Pasien Cuci Darah Mau Mudik Lebaran

Rosmha Widiyani - detikHealth
Menkes Nila F Moeloek. Foto: Lamhot Aritonang Menkes Nila F Moeloek. Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Tradisi mudik alias pulang kampung menjelang Lebaran dilakukan siapa saja tanpa pandang bulu. Tak terkecuali pasien gangguan ginjal yang perlu tindakan cuci darah rutin, atau masyarakat dengan penyakit kronis lainnya.

Kepada masyarakat yang perlu tindakan cuci darah rutin, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek berpesan untuk menyiapkan diri terlebih dulu. Persiapan memungkinkan pasien tidak melewatkan jadwal cuci darah yang bisa berdampak buruk pada kesehatannya.

"Sebelum jadwal pulang kampung pastikan sudah konsultasi dan mengurus surat rujukan terlebih dulu bagi peserta BPJS Kesehatan. Dengan surat rujukan ini, pasien bisa menggunakan fasilitas kesehatan terdekat di lokasi mudik yang menyediakan sarana cuci darah. Bila memungkinkan sebaiknya cuci darah dulu sebelum mudik," kata Nila pada detikHealth.



Pesan serupa juga dialamatkan pada pasien hipertensi, gangguan jantung kelebihan kadar kolesterol, dan diabetes. Pasien jangan sampai tidak bawa atau absen minum obat selama dalam perjalanan dan setelah sampai di kampung halaman.

Hal lain yang diingatkan Nila adalah tetap menjaga pola hidup bersih dan sehat saat mudik, di kampung, dan merayakan Lebaran. Persiapan yang baik, gaya hidup sehat, dan rutin minum obat memungkinkan pemudik tetap sehat hingga kembali dari kampung.

(up/up)