Selasa, 28 Mei 2019 16:25 WIB

Catat! 7 Tempat Ini Wajib Bebas dari Asap Rokok

Aisyah Kamaliah - detikHealth
Ilustrasi kawasan tanpa rokok (Foto: M Reza Sulaiman) Ilustrasi kawasan tanpa rokok (Foto: M Reza Sulaiman)
Jakarta - Penetapan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) sebenarnya selama ini telah banyak diupayakan oleh berbagai pihak baik oleh pemerintah, swasta dan masyarakat. Namun pada kenyataannya upaya tersebut jauh tertinggal dibandingkan penjualan, promosi dan konsumsi rokok.

"Iklan rokok yang demikian gencar mempengaruhi generasi muda kita sehingga mereka mencoba dan keterusan," kata Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes RI, dr Cut Putri Arianie, kepada detikHealth, Selasa (28/5/2019).



Paparan iklan rokok yang sangat masif membuat banyak masyarakat yang merokok di semua tempat bahkan di jalan yang bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain. Terlebih lagi, masih banyaknya anggapan bahwa merokok termasuk hak asasi karena dampaknya hanya di diri perokok itu sendiri.

Padahal, kenyataannya perokok membebankan secara fisik dan ekonomi kepada orang lain juga. Karenanya perlu terus dilakukan upaya pengamanan terhadap bahaya merokok melalui penetapan KTR yang juga dilakukan untuk membatasi ruang gerak para perokok.

"Diperlukan penerapan KTR karena bahaya rokok tidak hanya pada diri sendiri tetapi juga berdampak pada orang di sekitarnya," sambungnya.



Oleh karena itu, sesuai dengan peraturan dari Kementerian Kesehatan, terdapat beberapa tempat yang wajib terbebas dari paparan asap rokok, di antaranya:

- Fasilitas pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik atau rumah sakit.
- Tempat belajar atau sekolah
- Tempat bermain anak
- Tempat ibadah
- Angkutan umum
- Tempat kerja
- Fasilitas umum baik yang dikelola pemerintah maupun swasta

Tempat apa lagi nih, yang menurut kamu wajib bebas asap rokok? Tuliskan pendapat kamu di komentar ya.

(ask/up)
News Feed