Kamis, 30 Mei 2019 15:41 WIB

Waspadai Deep Vein Thrombosis, Lakukan Peregangan Berkala Saat Mudik

Rosmha Widiyani - detikHealth
Kemacetan panjang di jalur mudik (Foto: Agung Pambudhy) Kemacetan panjang di jalur mudik (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -
Mudik identik dengan macet yang terjadi akibat padatnya kendaraan di sejumlah jalur trans Jawa. Dikutip dari detikcom, kemacetan sepanjang 37 kilometer sempat terjadi di Tol Cikampek pada Rabu (29/5/2019) malam.
Bagi pemudik kemacetan kadang tak mungkin dihindari meski telah melalui jalur alternatif. Akibatnya pemudik terpaksa duduk dalam waktu lama karena tak punya pilihan lain. Bila bukan karena macet, pemudik harus duduk saat menunggu transportasi yang mengantarnya ke kampung halaman.
Salah satu risiko yang dihadapi saat duduk terlalu lama adalah Deep Vein Thrombosis (DVT), yakni penggumpalan darah pada pembuluh darah di area kaki. Sering terjadi pada penerbangan jarak jauh yang menempuh waktu lebih dari 4 jam, karena harus duduk terus sepanjang perjalanan.
Risiko yang sama juga dihadapi pada orang-orang yang terlalu lama duduk di depan televisi. Para ahli menyarankan untuk sesekali beranjak dari tempat duduk ketika harus duduk dalam waktu yang lama, termasuk saat melakukan perjalanan mudik.
Bagi yang sedang menempuh perjalanan jauh untuk mudik, disarankan untuk beristirahat dan melakukan peregangan tiap 4 jam di rest area di sepanjang jalur mudik. Selain untuk meminimalkan dampak buruk pada pembuluh darah, juga untuk meredakan pegal-pegal dan nyeri otot.


(up/up)
News Feed