Kamis, 30 Mei 2019 16:15 WIB

Tipe-tipe Pasien yang Butuh Perawatan di ICU

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kondisi tertentu membutuhkan perawatan di ICU (Foto: iStock)
Jakarta - Istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, tengah menjalani perawatan di ICU (Intensive Care Unit). Kondisinya dikabarkan menurun dan mengalami demam tinggi sejak kemarin sore.

Kabar tersebut disampaikan oleh Kadiv Advokasi dan Hukum DPP Demokrat Ferdinand Hutahaean, seperti diberitakan detikcom sebelumnya. Disebutkan, Bu Ani dalam kondisi sadar meskipun lemah.

ICU atau disebut juga ruang perawatan intensif merupakan unit khusus di rumah sakit yang digunakan untuk merawat pasien dengan penyakit berat atau sedang kritis. Biasanya dilengkapi dengan peralatan khusus dan tidak selalu ada di ruang perawatan lainnya.



Dikutip dari Regency Medical Centre, berikut beberapa tipe pasien yang membutuhkan perawatan di ICU.

1. Pasien yang butuh monitoring
Pasien yang baru saja menjalani operasi atau mengalami cedera serius membutuhkan pemantauan intensif karena kondisinya cenderung tidak stabil. Pengamatan yang cermat dibutuhkan karena berhubungan dengan keselamatan pasien.

2. Pasien dengan masalah pernapasan
Infeksi maupun pembengkakan paru, maupun kelainan sistem pernapasan lainnya, bisa menyebabkan pasien susah bernapas. Pada kondisi ini, pasien bisa ditempatkan di ruang ICU yang dilengkapi alat bantu pernapasan yakni ventilator.

3. Pasien dengan masalah jantung
Pasien dengan masalah jantung juga butuh pemantauan yang intensif. Pada kondisi serangan jantung maupun gagal jantung, waktu sangat kritis sehingga pasien butuh ruang perawatan yang memudahkan pertolongan sesegera mungkin.

Beberapa kondisi serius berikut ini justru tidak membutuhkan perawatan di ICU:

1. Pasien yang mengalami kematian batang otak
2. Pasien yang menolak terapi bantuan hidup
3. Pasien yang secara medis tidak ada harapan untuk sembuh.

(up/kna)