Kamis, 30 Mei 2019 18:17 WIB

Menahan Pipis Saat Perjalanan Mudik, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi arus mudik (Foto: Wisma Putra) Ilustrasi arus mudik (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Rasa ingin buang air kecil saat mudik tentu tak terhindarkan. Apalagi jika sudah berjalan berjam-jam lamanya. Sayangnya, terkadang pemudik memilih untuk menahan pipis saat perjalanan mudik daripada mampir ke toilet sebentar.

Banyak sih alasannya. Entah karena toiletnya jorok atau antriannya yang panjang. Tapi jangan dijadikan kebiasaan ya, sebab menahan pipis bisa berujung pada penyakit.

"Bisa infeksi saluran kemih, jadi jangan segan-segan mampir untuk kencing. Pergunakan rest area," kata ahli urologi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dr Wempy Supit, SpU, kepada detikHealth melalui pesan singkat, Kamis (30/5/2019).



Infeksi saluran kemih (ISK) biasanya ditandai dengan nyeri di perut bagian bawah, perih saat buang air kecil, dan sering pipis namun dengan volume sedikit. ISK terjadi akibat bakteri yang masuk ke dalam tubuh melalui air pipis.

Senada dengan hal tersebut, Dokter sekaligus influencer, dr Gia Pratama, MD memperingatkan untuk tidak pernah menahan pipis. Sebab, urine adalah media yang paling baik untuk pertumbuhan bakteri.

"Kalau pipis ditahan apalagi kalau wanita yang uretreanya hanya 5 cm bisa jadi media yang bagus buat kuman dan itu bisa bikin pipis berdarah, atau malah rasa sakit sehabis buang air kecil," katanya.

Urine bukan hanya cairan biasa saja, tapi sisa metabolisme yang harus dibuang. Jika menahan pipis apalagi dalam waktu yang lama, racun yang harusnya terbuang akan masuk lagi ke dalam darah dan akan sangat berbahaya.

(kna/up)