Jumat, 31 Mei 2019 08:43 WIB

Lepas Ribuan Pemudik, Menkes Imbau Jangan Makan Sembarangan

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Menkes Nila melepas pemudik ke Sumatera dan Jawa. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth Menkes Nila melepas pemudik ke Sumatera dan Jawa. Foto: Frieda Isyana Putri/detikHealth
Jakarta - Mendekati Lebaran, arus mudik kian terasa. Menteri Kesehatan RI Nila F Moeloek baru saja melepas 1.232 karyawan Kementerian Kesehatan beserta keluarga mudik ke Sumatera dan Jawa.

Menkes Nila berpesan bagi seluruh pemudik untuk menjaga kesehatan selama perjalanan. Terutama untuk tidak makan-makanan yang tidak jelas, karena bisa menyebabkan diare yang jadi penyakit umum terjadi saat mudik.

"Tak hanya pengemudi, tapi karyawan dan karyawati untuk menjaga kesehatan. Jangan makan yang tidak jelas. Nanti kalau diare, toiletnya hanya satu, kalau semua mau ke toilet repot kita. Jangan sampai sakit perut, ingat tetap GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat)," tutur Nila saat acara pelepasan di Gedung Kemenkes RI, Jakarta Selatan, Jumat (31/5/2019).


Selain soal makan, ia juga mengingatkan untuk terus menjaga pola hidup bersih dan sehat, baik saat mudik maupun setelah sampai di tempat tujuan. Nila juga berpesan untuk tidak merokok, khususnya selama perjalanan.

"Saya titip nggak ada yang merokok. Jadi saya minta tolong berhati-hati. Semoga kebahagiaan ini bisa bersama keluarga. Jangan lupa oleh-olehnya, ya," gurau Nila, disambut gelak tawa hadirin.

Dalam rangka menjamin keselamatan dan keamanan para penumpang peserta mudik termasuk bagi pengemudi dan kondektur bus, maka semua pengemudi dan kondektur sudah diperiksa kesehatannya melalui pemeriksaan darah dan urine.




(frp/up)