Jumat, 31 Mei 2019 12:00 WIB

Pasien Masuk Ruang ICU Seperti Bu Ani, Apa Artinya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Perawatan di ICU memungkinkan kondisi pasien selalu terpantau (Foto: Getty Images)
Jakarta - Kondisi kesehatan istri Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Ani Yudhoyono, dilaporkan turun. Hal ini membuat Ani Yudhoyono harus kembali dirawat di Intensive Care Unit (ICU) National University Hospital, Singapura.

"Saat ini, Ibu Ani sedang memerlukan penanganan ekstra. Seluruh keluarga besar Yudhoyono sedang berkonsentrasi pada upaya pemulihan kembali kondisi kesehatan Ibu Ani," kata putra sulung Ani, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dalam keterangan pers.



Terkait hal tersebut tahukah kamu sebetulnya apa itu ICU di rumah sakit dan kenapa pasien tertentu harus dirawat di fasilitas tersebut?

Tulisan oleh beberapa ahli dalam Journal of Critical Care 2017 menyebut ICU sebagai sistem terorganisir untuk menyediakan perawatan bagi pasien kritis. Perawatan dalam ICU dilakukan secara intensif dan terspesialisasi dengan bantuan alat-alat pendukung kehidupan yang dapat menggantikan sementara kerja organ vital.

Atas dasar tersebut pasien masuk ruang ICU biasanya karena ia punya potensi mengalami gangguan fungsi organ yang membutuhkan bantuan alat. Sebagai contoh yang paling umum mesin ventilator untuk membantu paru-paru bernapas.

"Perawatan intensif ini sesuai untuk pasien yang membutuhkan atau mungkin membutuhkan bantuan pernapasan tingkat lanjut, pasien yang membutuhkan dukungan dari dua atau lebih sistem organ, dan pasien dengan gangguan kronis pada satu atau lebih sistem organ yang berisiko mengalami kegagalan organ akut," tulis Gary Smith dan Mick Nielsen dalam jurnal The BMJ 1999.




Simak Juga 'Kembali Masuk ICU, Penjelasan AHY soal Kondisi Ibunda':

[Gambas:Video 20detik]

(fds/up)