Jumat, 31 Mei 2019 13:51 WIB

Tanda-tanda Pengemudi Mulai Ngantuk yang Harus Diwaspadai Para Pemudik

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi mudik 2019. (Foto: Wisma Putra) Ilustrasi mudik 2019. (Foto: Wisma Putra)
Jakarta - Ketika mudik, berbagai risiko yang akan terjadi di jalan sebisa mungkin dihindari. Untuk itu, baik pengemudi dan penumpang diharapkan agar selalu lebih waspada, apalagi jika berbicara soal mengantuk ketika mengemudi.

Praktisi kesehatan tidur dari RS Mitra Keluarga Kemayoran, dr Andreas Prasadja, RSPGT, ada beberapa tanda-tanda pengemudi mulai mengantuk yang perlu diwaspadai, terutama bagi penumpang di antaranya yakni:

1. Kejap-kejap mata, itu sudah mulai mengantuk.
2. Mulai menguap
3. Ketika nyetir, posisinya bersandar.



"Memang menyetir dengan sandaran bisa bikin nyaman tapi itu tanda dari mengantuk. Coba perhatiin kalau kita nyetirnya masih fully awake, kita nyetirnya tegak. Tapi begitu sudah lelah, sudah bosen, nyandar," sebut dr Ade, sapaannya, saat dijumpai detikHealth, Jumat (31/5/2019).

Satu lagi yakni ketika pengemudi 'meleng' atau tidak menyadari jalanan yang sudah terlewati. Sebab, hal ini bisa menjadi tanda separuh otak sudah tertidur dan dia menyetir menggunakan insting.

"Itu sangat berbahaya. Karena dalam kecepatan sekian km/jam jika ada sesuatu yang berubah mendadak misal tiba-tiba ada kucing melintas, udah kelindes pasti," tambahnya.

Karenanya, dr Ade menyarankan agar usahakan untuk membawa lebih dari satu pengemudi. Jadi ketika salah satu capek, mengantuk, atau lelah, bisa bergantian dengan yang lainnya.



Simak Juga 'Mitos atau Fakta Makan Banyak Bikin Ngantuk?':

[Gambas:Video 20detik]

(kna/up)
News Feed